Presiden Niger Dipecat, Tentara Lakukan Kudeta

Tentara Niger mengumumkan bahwa mereka telah mengambil kekuasaan dari Presiden Mohamed Bazoum. Mereka juga mengumumkan bahwa perbatasan negara telah ditutup pada Rabu 26 Juli 2023.

Usai pengumuman tersebut, pihak tentara telah memberlakukan jam malam nasional hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Tentara mengklaim telah menggulingkan pemerintah Presiden Niger Mohamed Bazoum dalam pernyataan yang dibacakan di televisi nasional, setelah sehari pemimpin itu ditahan di kediaman resminya.

“Kami, pasukan pertahanan dan keamanan telah memutuskan untuk mengakhiri rezim Presiden Bazoum,” kata Kolonel-Mayor Amadou Abdramane, seperti dikutip TRT, Kamis 27 Juli 2023.

Abdramane dikelilingi oleh sembilan tentara berseragam lainnya dalam pengumuman kudeta tersebut.

“Semua institusi di negara akan ditangguhkan, perbatasan ditutup, dan jam malam diberlakukan sampai pemberitahuan lebih lanjut,” tegas Abdramane.

Para prajurit juga memperingatkan terhadap intervensi asing. Amerika Serikat menyerukan pembebasan segera Bazoum.

“Saya berbicara dengan Presiden Bazoum pagi ini, dan memperjelas bahwa Amerika Serikat dengan tegas mendukungnya sebagai presiden Niger yang terpilih secara demokratis,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

“Kami menyerukan pembebasannya segera,” tambahnya saat berkunjung ke Selandia Baru.

Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) dan Uni Afrika keduanya sebelumnya mengecam apa yang mereka sebut sebagai “percobaan kudeta”.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *