Jokowi Resmikan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung hari ini (20/7).

Mengutip situs Sekretariat Kabinet, Jokowi bertolak menuju Bengkulu dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu (19/7) kemarin, pukul 14.00 WIB.

“Dari bandara, Presiden Jokowi akan menuju hotel tempatnya bermalam di Kota Bengkulu dan melanjutkan agenda kunjungan kerja esok hari. Presiden Jokowi antara lain dijadwalkan untuk meresmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung,” bunyi keterangan resmi Sekretariat Kabinet.

Ia didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung merupakan bagian dari Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu. Jalan tol ini mulai dibangun pada September 2019 lalu dengan main road sepanjang 17,6 km.

Jalan tol ini memiliki dua gerbang tol, dua simpang susun/junction, 21 jembatan, dan direncanakan memiliki satu rest area. Adapun kecepatan rencana pada jalan tol ini adalah 80 km per jam.

Dengan jalan tol ini, Taba Penanjung-Bengkulu dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit. Padahal, sebelumnya butuh waktu kurang lebih satu jam dengan jalan nasional.

Tol Taba Penanjung-Bengkulu dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) Tbk. Harapannya, tol ini bisa menghadirkan akses yang terintegrasi dengan Pelabuhan Baai, sehingga bisa meningkatkan konektivitas pariwisata dan ekonomi Bengkulu.

Di sisi lain, jalan tol juga diharapkan bisa menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di sekitar proyek.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *