Harga Emas Stabil di Atas USD 1.800 Imbas Lonjakan Kasus Covid-19 Global

Harga emas berkonsolidasi di atas USD 1.800 pada hari Selasa karena beberapa investor bertaruh lonjakan baru-baru ini dalam kasus Covid-19 dapat menjauhkan Federal Reserve AS dari mengumumkan pada simposium Jackson Hole bahwa ia berencana untuk mengurangi dukungan ekonominya.

Dikutip dari CNBC, Rabu (25/8/2021), harga emas di pasar spot stabil di USD 1.804,99 per ons pada 13:47. ET, setelah sebelumnya mencapai level tertinggi sejak 5 Agustus. Harga emas berjangka AS ditutup naik 0,1 persen pada USD 1,808,90.

“Kepemilikan pasar telah berputar dari pemikiran The Fed akan bersandar hawkish di simposium Jackson Hole ke salah satu virus corona yang membuat The Fed tidak melakukan apa pun secepat yang mereka inginkan, dan bahkan mungkin tahun ini,” kata Jim Wyckoff. analis senior di Kitco Metals.

Mencerminkan dampak ekonomi dari virus tersebut adalah data yang menunjukkan pertumbuhan aktivitas bisnis AS melambat pada Agustus.

“Apa yang mungkin sensitif terhadap pasar emas adalah Fed mungkin mulai mengatakan inflasi tidak sementara seperti yang diperkirakan dan itu dapat mendorong mereka untuk memperketat kebijakan di masa depan, meskipun dampak virus harus mengesampingkan kekhawatiran inflasi untuk saat ini.”

Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi, sementara kenaikan suku bunga meningkatkan biaya peluang memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Tirto.ID

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *