Waspada! Gelombang Laut 3 Meter di Perairan Selatan NTT

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai potensi gelombang laut setinggi 3 meter yang berpeluang melanda wilayah selatan Nusa Tenggara Timur (NTT) selama beberapa hari ke depan.

“Waspadai potensi gelombang 2,5-3 meter berpeluang melanda Samudera Hindia selatan Sumba Sabu, perairan selatan Kupang-Rote, Samudera Hindia selatan Kupang-Rote,” kata Pelaksana Tugas Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi di Kupang, Selasa, 18 Juli 2023.

Ia menyampaikan hal itu berkaitan dengan peringatan dini gelombang tinggi di wilayah laut NTT yang berlaku selama 18-19 Juli. Agung mengatakan, potensi gelombang dengan kategori tinggi itu patut diwaspadai karena beresiko tinggi terhadap pelayaran kapal feri.

Oleh sebab itu, kata dia, operator kapal feri yang memiliki rute perlintasan di wilayah-wilayah laut itu agar meningkatkan kewaspadaan. Lebih lanjut ia mengatakan, sementara itu beberapa titik wilayah laut lain berpeluang dilanda gelombang sedang (1,25-2,5 meter) yaitu Selat Sumba, Laut Sawu, dan perairan utara Kupang-Rote.

Potensi gelombang sedang, kata dia, juga patut diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran perahu motor nelayan. Menyinggung terkait kecepatan angin, ia menjelaskan hasil analisis kondisi sinoptik menunjukkan arah angin di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur ke selatan dengan kecepatan 8-25 knot.

Agung mengingatkan para nelayan maupun operator kapal agar terus mengikuti informasi terbaru perkembangan cuaca maritim dari BMKG sebagai referensi untuk mendukung aktivitas pelayaran.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Okezone News

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *