Harga Emas Dunia Bergerak di Level USD1.933

Harga emas dunia menguat pada hari ini. Emas dunia bergerak di atas level support di USD1.900 per ounce, sehingga membuka peluang kenaikan harga emas lagi.

Melansir Investing.com, Rabu, 12 Juli 2023, harga emas dunia acuan XAU/USD naik 0,07 persen atau 1,33 bps ke level USD1.933 pada pembukaan perdagangan Rabu, 12 Juli 2023. Emas bergerak pada level USD1.932 hingga USD1.933 per ounce. Dalam setahun, harga emas sudah naik sebesar 10,54 persen.

Emas dunia menjaga level support USD1.900 per ounce usai laporan nonfarm payroll yang jauh lebih lemah dari perkiraan menekan dolar. Serta mendorong harapan The Fed hampir mengakhiri siklus kenaikan suku bunganya.

Namun para pejabat Fed mengatakan bank masih perlu menaikkan suku bunga dalam waktu dekat untuk memerangi inflasi yang terlalu tinggi. Pasar secara luas memperkirakan kenaikan suku bunga setidaknya sebesar 25 basis poin oleh the Fed pada Juli.

Kenaikan suku bunga menjadi pertanda buruk bagi harga logam, karena mendorong biaya peluang untuk memiliki aset-aset yang tidak memberikan imbal hasil. Gagasan ini menekan harga emas hingga 2022, dan membuatnya diperdagangkan dalam range yang ketat untuk sebagian besar 2023.

Investor emas menunggu data IHK inti untuk mengukur seberapa besar penurunan inflasi lebih lanjut selama Juni. Namun, meskipun inflasi secara keseluruhan diperkirakan telah turun, inflasi IHK inti diperkirakan masih akan tetap tinggi.

Powell telah mengisyaratkan setidaknya dua kenaikan lagi tahun ini. Namun, kenaikan suku bunga juga diperkirakan akan membebani pertumbuhan ekonomi, yang pada akhirnya dapat memicu permintaan safe haven untuk emas.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Mediasumutku

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *