ANOC World Beach Games 2023 di Bali Batal, Luapan Kecewa Mendalam dan Terkejut

Association of National Olympic Committees (ANOC) atau Asosiasi Komite Olahraga Nasional mengungkap rasa kecewa kepada Komite Olimpiade Indonesia (KOI) setelah Bali memutuskan mundur menjadi tuan rumah dari ANOC World Beach Games 2023.

“Dengan rasa terkejut dan kekecewaan yang mendalam, ANOC mengetahui bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah memutuskan untuk menarik diri dari komitmennya untuk menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games dan Sidang Umum ANOC pada Agustus 2023 mendatang,” ungkap ANOC dalam keterangan tertulis pada situs resminya.

Pelaksanaan acara yang terjadwal kurang dari satu bulan lagi membuat ANOC dengan berat hati harus membatalkan ANOC World Beach Games 2023.

“Dengan jadwal turnamen yang menyisakan kurang dari satu bulan lagi, keputusan yang sangat mendadak ini membuat ANOC tidak dapat mencari tuan rumah alternatif,” ujar ANOC.

“Tidak ada pilihan lain selain membatalkan penyelenggaraan edisi pada tahun ini dan juga Sidang Umum ANOC,” katanya.

“Berhubungan dengan Sidang Umum ANOC, keputusan akan diambil dalam beberapa minggu mendatang mengenai lokasi dan tanggal pelaksanaan baru,” tambahnya.

Sejatinya, ANOC World Beach Games 2023 Bali akan dilaksanakan pada 5 hingga 12 Agustus 2023 mendtaang.

Menurut keterangan resminya, ANOC menyebutkan bahwa keputusan yang diambil KOI berdasarkan pada alasan tidak adanya anggaran yang dapat dicairkan oleh pemerintah.

“KOI menyatakan bahwa keputusan tersebut diambil setelah anggaran dari Pemerintah Indonesia tidak segera cair sehingga tidak ada waktu lagi untuk menyelenggarakan turnamen tersebut,” demikian ANOC.

“ANOC sangat kecewa dengan tindakan KOI yang dapat menghalangi atlet-atlet dari 100 NOC dalam memenuhi syarat untuk memenuhi ambisi mereka demi berkompetisi di Asian Games.”

Setelah turnamen World Beach Games 2023 di Bali dipastikan batal digelar, selanjutnya ANOC memprioritaskan untuk memastikan atlet tetap mendapatkan dukungan dan juga Federasi Internasional mendapatkan kompensasi sebaik mungkin.

“ANOC menyampaikan permohonan maaf yang tulus kepada para NOC, atlet, dan Federasi Internasional (IF) yang telah menjadi mitra untuk berkomitmen dalam acara ini, dan kepada para penggemar di seluruh dunia.”

“ANOC dan KOI telah melakukan pertemuan koordinasi mingguan, seperti yang dilakukan baru-baru ini minggu lalu, dan tidak ada satu pun masalah yang diindikasikan oleh KOI yang dapat menyebabkan hal tersebut.”

“Prioritas utama ANOC ialah memastikan para atlet mendapatkan dukungan dan NOC serta Federasi Internasional mendapatkan kompensasi sebaik mungkin, sehubung dengan pembatalan turnamen,” pungkas ANOC dalam keterangan resminya.

ANOC World Beach Games 2023 di Bali seharusnya akan menjadi edisi kedua dari turnamen sepanjang sejarah.

Sebelumnya, edisi perdana ANOC World Beach Game sendiri diselenggarakan di Doha, Qatar, pada 2019 lalu.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *