Daftar 10 Kiper dengan Nilai Jual Tertinggi di Dunia, Maignan dan Onana Meroket

Daftar kiper dengan nilai jual tertinggi di dunia baru saja dirilis oleh laman Transfermarkt. Siapa saja kiper yang masuk dalam daftar 10 besar kiper dengan harga tertinggi?

Sejumlah kiper menunjukkan performa gemilang sepanjang musim 2022/2023. Hal ini sontak membuat harga jual mereka mengalami peningkatan. Salah satu kiper yang nilai jualnya naik signifikan adalah kiper AC Milan Mike Maignan.

Kiper asal Prancis ini memang mencuri perhatian dunia sejak kepindahannya ke Milan dua musim lalu. Di musim pertamanya, ia langsung mengantarkan Milan merengkuh scudetto, sedangkan pada musim ini, Maignan berhasil membantu Milan finis di posisi empat alias zona Liga Champions.

Melansir laporan terbaru Transfermarkt, Maignan menempati posisi tiga dalam daftar kiper dengan nilai jual tertinggi di dunia. Maignan yang dibeli Milan dengan mahar 25 juta euro (sekitar Rp409 miliar) pada 2021, kini nilai jualnya sudah menyentuh angka 45 juta euro (sekitar Rp736 miliar).

Selain Maignan, beberapa kiper lain yang juga mengalami peningkatan nilai jual adalah penjaga gawang Arsenal Aaron Ramsdale. Harga jual kiper asal Inggris ini mengalami peningkatan hingga dua kali lipat menjadi 40 juta euro (sekitar Rp654 miliar).

Kiper anyar Inter Milan, Andre Onana, juga tengah jadi lirikan sejumlah klub menyusul keberhasilannya membawa Inter melaju ke final Liga Champions musim lalu. Nilai jualnya kini pun meroket dari 14 juta euro (sekitar Rp229 miliar) menjadi 35 juta euro (sekitar Rp572,6 miliar).

Di luar peningkatan nilai jual tersebut, beberapa kiper lain justru mengalami penurunan harga jual, seperti halnya Thibaut Courtois (Real Madrid) yang nilai jualnya turun menjadi 45 juta euro (sekitar Rp736 miliar) dari sebelumnya 60 juta euro (sekitar Rp981 miliar).

Penasaran mengetahui daftar 10 besar kiper dengan nilai jual tertinggi dunia versi Transfermarkt, berikut lisnya:

10. Alisson Becker / Liverpool: 35 juta euro (sebelumnya 45 juta euro)
9. Jan Oblak / Atletico Madrid: 35 juta euro (sebelumnya 40 juta euro)
8. Andre Onana / Inter Milan: 35 juta euro (sebelumnya 14 juta euro)
7. Gregor Kobel / Borussia Dortmund: 35 juta euro (tidak berubah)
6. Ederson / Man. City: 40 juta euro (sebelumnya 45 juta euro)
5. Aaron Ramsdale / Arsenal: 40 juta euro (sebelumnya 20 juta euro)
4. Thibaut Courtois / Real Madrid: 45 juta euro (sebelumnya 60 juta euro)
3. Mike Maignan / AC Milan: 45 juta euro (sebelumnya 25 juta euro)
2. Diogo Costa / FC Porto: 45 juta euro (tidak berubah)
1. Gianluigi Donnarumma / PSG: 50 juta euro (tidak berubah).

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *