Pejabat Fed Lihat Peluang Harga Konsumen Turun Tanpa Kenaikan Suku Bunga Besar

Pengangguran Amerika Serikat (AS) tetap rendah meskipun suku bunga naik dan inflasi mereda, mewakili tanda harapan harga konsumen dapat turun tanpa penurunan yang signifikan.

Bank sentral telah menaikkan suku bunga beberapa kali tahun lalu untuk mengendalikan inflasi yang tinggi selama beberapa dekade, bekerja untuk mendinginkan ekonomi terbesar dunia sambil berusaha untuk tidak mendorongnya ke dalam resesi.

Perlambatan ekonomi biasanya berarti penciptaan lapangan kerja juga melambat, karena pinjaman menjadi lebih mahal.

Tetapi Gubernur Fed Michelle Bowman mengatakan pengangguran tetap rendah karena kami telah memperketat kebijakan moneter dan membuat kemajuan dalam menurunkan inflasi dalam pidato yang disiapkan untuk sebuah acara di Florida.

“Saya menganggap ini sebagai tanda harapan bahwa kita dapat berhasil menurunkan inflasi tanpa penurunan ekonomi yang signifikan,” tambahnya dikutip dari Channel News Asia, Rabu, 11 Januari 2023.

Pekan lalu, angka Departemen Tenaga Kerja menunjukkan perolehan pekerjaan tetap kuat pada Desember sementara tingkat pengangguran turun menjadi 3,5 persen.

Ini terjadi meskipun ada kampanye agresif oleh The Fed, yang telah menaikkan suku bunga dengan cepat dari mendekati nol menjadi 4,25-4,50 persen.

Bowman mengatakan dia didorong oleh kekuatan pasar kerja, bersama dengan tingkat utang yang rendah di antara rumah tangga.

“Utang yang rendah dan neraca yang kuat bersama dengan pasar tenaga kerja yang kuat berarti konsumen dan bisnis dapat terus berbelanja meski pertumbuhan ekonomi melambat,” katanya.

Tetapi dia memperingatkan Komite Pasar Terbuka Federal yang mengatur kebijakan Fed akan terus menaikkan suku bunga karena masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menurunkan inflasi.

“Suku bunga pinjaman acuan kemungkinan harus tetap pada tingkat ‘cukup membatasi” untuk beberapa waktu untuk memulihkan stabilitas harga,” katanya.

Dia juga menyentuh aktivitas crypto, menambahkan Fed dan lembaga perbankan akan terus fokus pada area ini mengingat risiko signifikan yang mungkin mereka timbulkan.

“Tanpa menghambat inovasi kami sedang memikirkan beberapa masalah ini dan seperti apa pendekatan regulasi itu,” kata Bowman.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Investasi Kontan

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *