Jokowi ke Jawa Timur, Akan Tanam Padi dan Kunjungi Pasar di Tuban

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur (Jatim), Kamis (6/4/2023). Jokowi diagendakan melakukan tanam padi hingga mengunjungi pasar di Kabupaten Tuban, untuk memberikan bantuan.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak ke Jawa Timur dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1. Dia tiba di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, sekitar pukul 08.00 WIB.

Di Bandara Internasional Juanda, Jokowi dan Iriana disambut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf beserta istri, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Hermanto beserta istri, Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah beserta istri, dan Danlanud Kolonel Pnb Sugeng Budiono beserta istri.

Jokowi dan Iriana kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Tuban dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Di Tuban, dia dijadwalkan untuk menuju Kawasan Daulat Pangan Serikat Petani Indonesia di Desa Senori, Kecamatan Merakurak. Kepala Negara akan melakukan tanam padi dan berdialog bersama sejumlah perwakilan petani.

Setelah itu, Jokowi akan menuju Pasar Sambonggede untuk menyapa para pedagang. Selain itu, dia juga akan memberikan sejumlah bantuan sosial kepada mereka.

Selesai acara, Jokowi dan Iriana akan kembali ke Bandara Internasional Juanda dengan menggunakan helikopter untuk kemudian lepas landas meninggalkan Jawa Timur.

Sebelumnya, Jokowi dan Iriana lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.10 WIB.

Kunjungi Pasar di Jakarta, Jokowi Cek Harga dan Stok Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Pasar Rawamangun Jakarta Timur dan Pasar Johar Baru Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023). Jokowi mengatakan kunjungannya ini untuk mengecek stok dan harga kebutuhan pokok, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Ini kan mendekati Lebaran. Saya dan Pak Menteri Perdagangan ingin mengecek yang pertama stoknya. Kemudian yang kedua harganya,” kata Jokowi di Pasar Johar Baru Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023).

Menurut dia, pasokan kebutuhan pokok saat ini tercukupi. Sementara sejumlah harga barang kebutuhan pokok seperti, telur ayam, daging ayam, beras, hingga bawang mengalami penurunan.

“Kita lihat tadi urusan pasokan tidak ada masalah, harga juga justru banyak yang turun. Telur turun, ayam turun, daging ayam turun, beras juga turun, bawang juga turun,” jelasnya.

Jokowi menyebut hanya ada kenaikan di harga daging, namun tak signifikan. Kendati begitu, dia menilai penurunan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran 2023 cukup bagus karena akan memperkuat daya beli masyarakat.

“Yang naik daging naik dikit. Saya kira ini baik sesuai dengan pantauan BPS kemarin memang terjadi deflasi. Ini bagus dalam posisi mau lebaran tapi harga-harga turun,” tutur dia.

“Tapi yang jelas harga banyak yang turun sehingga akan memperkuat daya beli rakyat,” sambung Jokowi.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *