Deforestasi Amazon Brasil Naik 22 Persen Setahun, Pecah Rekor 15 Tahun

Deforestasi di Hutan Amazon, Brasil, pada Agustus 2020 hingga Juli 2021 naik hingga 22 persen ketimbang periode sebelumnya. Kenaikan tingkat deforestasi ini merupakan yang tertinggi dalam 15 tahun belakangan.

Institut riset ruang angkasa nasional Brasil, INPE, melaporkan bahwa total hutan seluas 13.235 kilometer hilang dalam periode tersebut.

Sebagaimana dilansir AFP, deforestasi ini merupakan yang tertinggi dalam 15 tahun belakangan. Rekor sebelumnya tercatat pada periode 2005-2006 dengan deforestasi lahan seluas 14.286 kilometer.

Ini merupakan tahun ketiga berturut Hutan Amazon mengalami peningkatan deforestasi di bawah pemerintahan Presiden Jair Bolsonaro.

Oposisi Brasil menganggap deforestasi hutan Amazon meningkat karena Bolsonaro terus menggembar-gemborkan pertanian dan pertambangan.

Menteri Lingkungan Hidup Brasil, Joaquim Leite, menyatakan bahwa data INPE ini “tak benar-benar menggambarkan situasi sesungguhnya dalam beberapa bulan belakangan.”

Namun, ia mengakui bahwa peningkatan deforestasi Hutan Amazon ini merupakan “tantangan” yang membuatnya harus “lebih keras melawan kejahatan lingkungan.”

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *