Lagu Solo Jimin BTS Debut di Puncak Billboard Hot 100

Lagu solo Jimin BTS, Like Crazy, berhasil debut di puncak Billboard Hot 100. Capaian ini sekaligus mencetak rekor dalam tangga lagu populer Amerika Serikat tersebut.

Jimin menjadi solois Korea Selatan pertama yang debut di Billboard Hot 100, member BTS pertama yang mencapai posisi ini sebagai solois, dan tentu saja ini adalah capaian pertama Jimin dalam karier solonya.

Menurut laporan Billboard pada Senin (3/4) waktu AS, lagu yang dirilis 24 Maret tersebut terdongkrak dari angka penjualan lagu yang dirilis dalam lima versi.

Lagu Like Crazy versi original Korea dan berbahasa Inggris dirilis pada 24 Maret, kemudian versi Deep House dan UK Garage, serta instrumental dirilis pada 26 Maret.

Selama periode pencatatan 24-30 Maret 2023, lagu Like Crazy terjual 254 ribu unit dalam bentuk unduhan dan single CD, serta diakses secara streaming hingga 10 juta stream, dan 64 ribu kali diputar di radio.

Billboard bahkan mencatat, jumlah penjualan single Like Crazy ini jadi yang tertinggi semenjak perilisan single Anti-Hero dari Taylor Swift pada 19 November 2022. Kala itu, lagu tersebut tersedia dalam tujuh versi.

Sementara itu, album debut solo Jimin, FACE, debut di posisi nomor dua dalam tangga penjualan album Billboard 200.

Like Crazy merupakan satu dari enam lagu dalam album FACE. Lagu lain yang ada dalam album itu adalah Like Crazy (berbahasa Inggris), Face-off, Interlude: Dive, Alone, dan Set Me Free Pt. 2 yang telah dirilis lebih dulu sebagai single.

Sejumlah musisi seperti Pdogg, Supreme Boi, GHSTLOOP, EVAN, BLVSH dan Chris James, serta ketua tim RM, berpartisipasi dalam produksi album tersebut.

FACE merupakan album yang menggambarkan Jimin BTS menghadapi dirinya sendiri dan mempersiapkan awal baru sebagai solois setelah pandemi.

Seminggu sebelum perilisan album, musisi bernama lengkap Park Ji-min itu merilis Set Me Free Pt. 2, lagu hip-hop tentang resolusi bergerak maju dengan bebas, tanpa terikat rasa sakit, kesedihan, dan kekosongan.

Agensi mengungkapkan lagu tersebut menempati posisi pertama tangga lagu iTunes Top Songs di 110 negara, termasuk Inggris, Kanada, Italia, dan Finlandia, pada hari berikutnya.

Jimin menjadi member keempat BTS yang merilis proyek solo setelah J-Hope, Jin, dan RM.

Jimin memulai debutnya pada 2013 sebagai anggota BTS. Sebelum rilis album solo, ia telah menunjukkan warna uniknya melalui Lie dan Serendipity, dua lagu solonya dalam album BTS.

Ia juga merilis With You yang jadi soundtrack drama Our Blues, sekaligus hasil kolaborasi dengan Ha Sung-woon. Baru-baru ini, Jimin BTS juga berkolaborasi dengan Taeyang BIGBANG dalam Vibe.

 

 

Sumber : .cnnindonesia.com
Gambar : Pikiran-Rakyat.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *