Man United Menuju Pemilik Baru, Jim Ratcliffe dan Sheikh Qatar Berebut Kuasa Old Trafford

Manchester United menuju kepemilikan baru. Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani asal Qatar kini bersaing memperebutkan kekuasaan di kubu Old Trafford. Sir Jim Ratcliffe yang merupakan orang terkaya di Inggris dan Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani yang berasal dari Qatar telah resmi mengirim penawaran untuk membeli Manchester United.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Keluarga Glazer telah menetapkan tanggal 17 Februari 2023 sebagai batas waktu bagi siapa saja yang ingin membeli Man United. Kini, dua calon pembeli klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford itu mengerucut kepada dua nama yaitu Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani.

BBC pada Minggu (19/2/2023) melaporkan bahwa Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim sama-sama telah melayangkan penawaran resmi untuk mengakuisisi Man United. Ratcliffe yang merupakan bos perusahaan petrokimia Ineos ingin membeli Man United dengan status kepemilikan mayoritas.

Dalam pernyataannya, Ratcliffe ingin menjadikan Setan Merah sebagai klub dengan pendekatan kepemilikan yang modern, progresif, dan berpusat kepada penggemar. Melalui Ineos, Ratcliffe yang lahir di Manchester punya pengalaman berinvestasi di klub Ligue 1 Perancis, Nice, dan klub Liga Super Swiss, Lausanne.

Sementara itu, seperti dihimpun CBS Sports, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani berniat mengakuisisi Man United dengan cara pembelian langsung. Sheikh Jassim disebut melayangkan penawaran sebesar 5,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 100,3 triliun untuk membeli Man United.

Penawaran Sheikh Jassim itu lebih tinggi dibanding angka yang disodorkan Sir Jim Ratcliffe yakni sebesar 4,6 miliar dolar AS.

Adapun, Sheikh Jassim yang juga mengaku sebagai penggemar berat Man United merupakan pemimpin di perusahaan Qatar Islamic Bank (QIB).

Nasser Al-Khelaifi disebut menjadi figur kunci dalam penawaran yang dilakukan pihak Qatar, meski presiden Paris Saint-Germain itu tidak terlibat secara langsung.

Sementara itu, penawaran yang sudah dilakukan oleh Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim menimbulkan pertanyaan di kalangan fans Man United.

“Ada pertanyaan tentang integritas olahraga mengingat hubungan yang sangat dekat antara beberapa penawar dan pemilik klub Eropa lainnya termasuk PSG dan Nice,” kata Manchester United Supporters’ Trust (MUST) yang merupakan kelompok suporter terbesar di dunia dengan lebih dari 200.000 anggota.

“Ada juga pertanyaan tentang apakah tawaran juga akan didasarkan pada tingkat utang yang tinggi,” imbuh MUST dalam pernyataan mereka.
Sebagai informasi, Keluarga Glazer telah berkuasa di Old Trafford sejak 2005.

Pada 2005, Malcolm Glazer mengakuisisi Manchester United secara pribadi dengan menggelontorkan total dana mencapai 800 juta paun.

Dari biaya pembelian itu, 500 juta paun di antaranya merupakan utang yang menjadi beban klub.

Saat ini, pihak dari Keluarga Glazer yang berkuasa di Old Trafford adalah dua putra Malcolm yakni Joel dan Avram Glazer.

Sejumlah sumber termasuk ESPN menyebutkan, Keluarga Glazer berusaha menjual Manchester United pada harga 6 miliar paun atau sekitar Rp 111,8 triliun.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Punyarakyat.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *