Avatar 2 Geser Infinity War dari Posisi Film Terlaris ke-5 Dunia

Avatar: The Way of Water mencetak catatan terbaru box office. Film tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari US$2 miliar dari box office global selama enam pekan penayangan.
Seperti diberitakan Variety pada Kamis (26/1), Avatar 2 telah mengumpulkan US$2,054 miliar atau sekitar Rp30,72 triliun (US$1=Rp14.956,70).

Angka tersebut membuatnya menggeser Avengers: Infinity War (US$2,052 miliar) dari posisi kelima film terlaris sepanjang sejarah.

Dari box office internasional, Avatar: The Way of Water mengumpulkan US$1,5 miliar dan membuatnya menjadi film terlaris keempat dalam sepanjang sejarah.

Selain itu, capaian box office itu juga membuat sekuel Avatar menjadi film pertama yang berhasil melampaui US$2 miliar, tolok ukur yang hampir mustahil diraih sejak pandemi Covid-19 pada 2020.

Spider-Man: No Way Home yang menjadi fenomena di dunia juga tak tembus angka US$2 miliar. Namun, capaian film itu tetap memukau karena berhasil mengumpulkan US$1,91 miliar di tengah Covid-19 yang masih masif di dunia.

Pendapatan Avatar 2 turut membuat sutradara James Cameron menguasai daftar film-film terlaris sepanjang sejarah. Avatar: The Way of Water menjadi film ketiga Cameron dalam daftar 5 film terlaris.

Dua film Cameron yang sudah bertengger di puncak adalah Avatar (2009) di posisi pertama dengan US$2,9 miliar dan Titanic (1997) di posisi ketiga dengan US$2,2 miliar.

Secara garis besar, Avatar: The Way of Water memerlukan sedikit lagi pemasukan untuk bisa menggeser Star Wars: The Force Awakens yang menempati posisi empat dengan pendapatan (US$2,06 miliar).

The Way of Water merupakan sekuel Avatar yang akhirnya tayang pada pertengahan Desember 2022 atau sekitar 13 tahun dari film pertamanya.

Disney yang kini juga memegang hak atas Avatar setelah mengakuisisi 20th Century Fox pada 2019 telah menghabiskan sedikitnya US$350 juta untuk membuat The Way of Water dan lebih dari US$100 juta untuk memasarkan Pandora.

Sehingga Avatar: The Way of Water menjadi salah satu film termahal yang pernah diproduksi.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *