Indonesia-Malaysia Dorong Percepatan Penyelesaian Negosiasi Perbatasan

Isu perbatasan tidak pernah bisa dilepaskan dari hubungan Indonesia dan Malaysia. Dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menlu Malaysia Dr. Zambry Abd Kadir mendorong penyelesaian negosiasi perbatasan.

“Negosiasi batas maritim telah berlangsung sejak tahun 2005. Oleh karena itu penting untuk mempercepat penyelesaian negosiasinya,” ujar Menlu Retno, dalam keterangan pers bersama di Gedung Pancasila, Jakarta, Kamis 29 Desember 2022.

“Penyelasaian perbatasan maritim di Laut Sulawesi dan bagian paling selatan Selat Malaka penting untuk segera diselesaikan,” imbuhnya.

“Sementara itu untuk perbatasan darat, kami sepakat untuk mendorong penyelesaian demarkasi segmen Sebatik dan Sinapad-Sesai,” tambahnya.

“Kami menargetkan penandatanganan MoU pada tahun depan,” tegasnya.

Menlu Zambry juga tegaskankomitmen untuk menyelesaikan Perjanjian Penyeberangan Perbatasan dan Perjanjian Perdagangan Perbatasan.

“Kedua perjanjian ini akan mendukung kegiatan lintas batas dan ekonomi warga negara kita di daerah perbatasan,” sebutnya.

Dirinya juga memberi jaminan bahawa Malaysia terus berkomitmen untuk mencapai penyelesaian bagi isu perbatasan maritim dan darat tersebut.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *