Marc Klok Yakin Garuda Terbang Tinggi di Piala AFF 2022

Marc Klok menyebut timnas Indonesia semakin kompak menjelang laga Grup A Piala AFF 2022 kontra Kamboja. Gelandang naturalisasi asal Belanda itu optimistis Skuad Garuda terbang tinggi di Piala AFF 2022.

Hal itu disampaikan Marc Klok setelah menyelesaikan latihan timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (20/12/2022) sore WIB. Marc Klok dkk nantinya juga akan bermain di SUGBK ketika menjamu Kamboja pada Jumat (23/12/2022) sore WIB.

Terkait persiapan menghadapi Kamboja, Marc Klok menyebut atmosfer ruang ganti timnas Indonesia sangat baik.

Marc Klok menilai timnas Indonesia sudah siap karena sudah berlatih keras selama lebih dari tiga pekan sejak pemusatan latihan di Bali. Hal itulah yang membuat Marc Klok yakin timnas Indonesia mampu melangkah jauh pada Piala AFF 2022.

Gelandang milik Persib Bandung itu menilai juara Piala AFF 2022 adalah target yang realistis.

“Kami sudah berlatih keras hampir empat pekan. Kami kompak sekali karena sudah bermain bersama di SEA Games 2021, Kualifikasi Piala Asia, dan FIFA Matchday melawan Curacao,” kata Klok dikutip dari Antara.

“Atmosfer juga sangat baik. Kami sangat menantikan Piala AFF 2022 dan semua di sini memiliki target tinggi,” ujar pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, itu.

“Target semua pemain sama (juara). Namun, hal terpenting adalah kami bisa bermain baik setiap laga,” ujar Marc Klok.

“Kami sangat bersemangat, harus tetap rendah hati, dan percaya kepada diri sendiri ketika nanti bermain,” ucap mantan pemain Persija Jakarta itu.

Dalam sejarahnya, timnas Indonesia tidak pernah berhasil meraih gelar juara Piala AFF atau Piala Tiger meski sudah enam kali menembus final. Fakta itu menjadikan timnas Indonesia tim yang paling sering kalah di final dalam sejarah Piala AFF atau Piala Tiger.

Adapun tim tersukses dalam sejarah Piala AFF adalah Thailand dengan koleksi enam gelar juara. Timnas Thailand mendapatkan gelar keenam Piala AFF setelah mengalahkan Indonesia pada final edisi 2020 tahun lalu.

Kunci keberhasilan Thailand meraih gelar juara Piala AFF 2020 adalah kemenangan telak 4-0 atas Indonesia pada final leg pertama. Pada final leg kedua Piala AFF 2022, timnas Thailand asuhan Alexandre ‘Mano’ Polking sukses menahan imbang Indonesia 2-2.

Timnas Thailand dan Indonesia nantinya akan kembali bertemu pada fase grup Piala AFF 2022. Timnas Indonesia sedikit diuntungkan karena akann melawan Thailand di SUGBK pekan depan tepatnya pada Kamis (29/12/2022) sore WIB.

Adapun mayoritas skuad timnas Indonesia saat ini memang sudah pernah bermain bersama pada Piala AFF 2020 dan Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih mengandalkan nama-nama lama seperti Pratama Arhan, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, hingga Egy Maulana Vikri.

Berbeda dari Indonesia, timnas Thailand selaku juara bertahan sudah menyelesaikan satu laga Grup A Piala AFF 2022.

Timnas Thailand memulai perjalanan mempertahankan gelar dengan melibas Brunei Darussalam lima gol tanpa balas, Selasa (20/12/2022).

Pada hari yang sama, timnas Kamboja juga sukses meraih kemenangan tipis 3-2 atas Filipina.

Hal itu membuat timnas Indonesia wajib mengalahkan Kamboja pekan ini untuk memperbesar peluang lolos ke fase gugur dan menambah kepercayaan diri sebelum melawan Thailand.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Bola Kompas

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *