3 Usulan RI Terkait Komitmen Pemajuan dan Perlindungan HAM Regional

Kawasan Asia Pasifik terus berkomitmen terhadap pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia (HAM). Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan, kawasan ini tidak kebal terhadap tantangan HAM global.

“Kemiskinan dan kelaparan terus meningkat, ketidaksetaraan dan diskriminasi membuat banyak pemerintah berjuang untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara menegakkan hak asasi manusia dan mengadopsi langkah untuk atasi krisis,” kata Menlu Retno dalam pembukaan Regional Conversation on Human Rights (RHCR), Selasa, 20 Desember 2022.

Karenanya, untuk membela HAM di masa sulit ini, ada tiga hal yang diusulkan Indonesia. “Pertama, penguatan institusi HAM kita. Mereka adalah garis pertahanan kami dalam melindungi HAM,” kata Menlu Retno.

Ia menegaskan, harus memastikan implementasi efektif dari standar HAM internasional di dalam negeri dan membina masyarakat berdasarkan penghormatan terhadap hak asasi manusia di kawasan.

“Kami bekerja untuk memperkuat peran Komisi Antarpemerintah untuk Hak Asasi Manusia ASEAN (AICHR) dan mengatasi tantangan HAM regional ke depan,” katanya. Ia menambahkan, perlu melembagakan platform dialog HAM regional.

Kedua, menangani isu-isu HAM yang paling mendesak. Retno mengatakan, harus memfokuskan upaya untuk mereka yang terkena dampaknya.

Beberapa pekan lalu, Indonesia menyelenggarakan konferensi internasional untuk menggalang dukungan bagi hak perempuan Afghanistan atas pendidikan. Ini menjadi isu mendesak lainnya yang membutuhkan perhatian global.

“Ketiga, meningkatkan kolaborasi hak asasi manusia menjadi efektif dan berkelanjutan,” ujarnya. Retno menuturkan, perlunya menciptakan lingkungan yang kondusif di tingkat nasional, pemerintah dan masyarakat sipil.

Retno menegaskan, kolaborasi harus didasarkan pada itikad baik dan kemauan belajar satu sama lain. “Melalui kolaborasi yang lebih kuat di kawasan ini, kita dapat mengatasi kesenjangan perlindungan dengan lebih baik, risiko kesadaran publik yang lebih besar, dan memelihara inovasi untuk memberikan hasil yang nyata,” pungkasnya.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *