Jelang Nataru, Kakorlantas Polri Pantau Kesiapan Operasi Lilin Lewat Udara

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi memantau kesiapan Operasi Lilin 2022 jelang Natal dan Tahun Baru 2023 melalui jalur udara.

Kakorlantas berangkat dari Mabes Polri menggunakan Helikopter jenis AW189/P-7002. Patroli pantauan udara dilakukan pada jalur lalu lintas Tol Jakarta Cikampek 2 Selatan dan mendarat di STPDN Jatinangor, Jawa Barat. Demikian dalam keterangan tertulis pada Senin 12 Desember 2022.

Firman mengatakan, pantauan udara arus lalu lintas bertujuan untuk mempersiapkan strategi dan pola pengamanan di titik-titik perbatasan, baik antarprovinsi maupun antarkabupaten/kota menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Tiba di STPDN Jatinangor, Jawa Barat, Firman Shantyabudi mendapatkan pemaparan dari Wadir Polda Jawa Barat AKBP Matrius. Kemudian Kakorlantas melanjutkan pengecekan secara langsung di jalur tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan) Jawa Barat.

“Hari ini kami menerima paparan dari beberapa kasatlantas wilayah dan pengelola jalan tol. Kami sudah melihat tol di Cisumdawu dan Japek Selatan karena sesuai dengan informasi dua jalur tol ini akan difungsikan pada saat pengamanan Nataru,” ucap Firman seperti dilansir dari Antara.

Dia menyatakan tol tersebut memang sudah dinyatakan layak untuk dilalui, meskipun masih ada sejumlah pekerjaan yang sedang dilakukan.

“Masih ada temukan pekerjaan fisik yang belum selesai, kami akan usulkan untuk sementara dihentikan agar tidak menjadi kendala bagi pengguna jalan yang akan melaksanakan cuti Nataru,” katanya.

Tol Cisumdawu Akan Dibuka Jelang Libur Natar

Menurut Firman, ruas tol Cisumdawu yang rencananya akan dibuka menjelang libur Nataru, bisa menjadi pilihan masyarakat untuk melakaukan perjalanan.

Sebelumnya, Korlantas Polri beserta stakeholder melakuakan pengecekan Operasi Lilin 2022 jelang Libur Nataru di Rest Area KM 68 Serang, Pelabuan Merak, Banten dan Pos Gadog, Jawa Barat pada 5-7 Desember 2022, Pos Lantas Cikopo, Jawa Barat, Pos Terpadu Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Pos Polisi Karanglo Malang, Jawa Timur, pada 28-29 November 2022.

Polri Antisipasi Aksi Terorisme Jelang Natal dan Tahun Baru 2023

Polri memastikan anggota kepolisian se-Indonesia tengah mempersiapkan upaya antisipasi aksi terorisme menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

“Untuk antisipasi teror dalam rangka Natal dan tahun baru, pasti dilakukan,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Nurul Azizah ketika dikonfirmasi di Jakarta, Senin (12/12/2022).

Kendati demikian, Nurul belum memerinci langkah-langkah antisipasi oleh Polri seperti apa, termasuk pelibatan jumlah personel karena persiapan pengamanan menjelang Natal dan tahun baru, termasuk antisipasi aksi teror tengah digodok oleh bagian pengamanan dan operasi Polri.

“Saat ini menunggu rencana pengamanan dan rencana operasi dari Asisten Operasi Polri,” ujarnya.

Dia menyebutkan hampir semua tempat dan objek vital jadi fokus pengamanan mengantisipasi aksi teror, seperti tempat ibadah, objek wisata, kantor-kantor pemerintah, dan pusat perbelanjaan.

“Semua tempat jadi fokus pengamanan, yang pasti meliputi tempat-tempat itu, yaitu tempat wisata dan gereja serta tempat-tempat lainnya,” ujar Nurul. Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, Polri mengadakan operasi pengamanan dengan sandi Operasi Lilin 2022.

 

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *