PBB: India Akan Lampaui China Jadi Negara Terpadat Dunia

Populasi dunia telah mencapai 8 miliar orang pada Selasa (15/11/2022). Menyusul kemunculan angka tersebut, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memproyeksi India akan melampaui China sebagai negara terpadat di dunia tahun depan.

Dilansir dari CNBC International, Rabu (16/11/2022), PBB mengungkapkan, hanya 8 negara yang akan menampung setengah dari pertumbuhan populasi dunia pada tahun 2050. Negara-negara ini terkonsentrasi di Afrika dan Asia Selatan, yaitu Kongo, Mesir, Ethiopia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina, dan Tanzania.

Dua wilayah terpadat di dunia pada tahun 2022 berada di kawasan Asia Selatan dan Timur, dengan China dan India yang menyumbang mayoritas populasi di wilayah ini masing-masing 1,4 miliar.

Meskipun China kini memiliki populasi terbesar daripada negara mana pun di dunia, populasinya diperkirakan akan mulai menurun pada awal 2023 dan India akan melampauinya.

Meskipun jumlah manusia lebih besar dari sebelumnya, populasi dunia sekarang tumbuh pada tingkat paling lambat sejak tahun 1950 karena banyak keluarga yang memiliki lebih sedikit anak.

Selain itu, populasi dunia juga diperkirakan akan mencapai puncaknya di angka 10,4 miliar pada tahun 2080-an dan tetap pada tingkat tersebut hingga tahun 2100-an, menurut proyeksi PBB.

Dua pertiga orang di dunia sekarang tinggal di negara-negara di mana perempuan rata-rata memiliki sekitar dua anak, turun dari rata-rata lima anak pada tahun 1950.

Sedangkan populasi orang berusia 65 tahun ke atas diperkirakan akan meningkat sebesar 6 persen secara global hingga tahun 2050, demikian menurut PBB.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *