Raja Charles III Akan Dimahkotai pada 6 Mei 2023

Istana Buckingham mengumumkan penobatan Raja Charles III akan berlangsung pada 6 Mei 2023. Dia akan bersumpah untuk mencerminkan tradisi bersejarah monarki dan peran modernnya.

Charles (73) secara resmi akan dinobatkan di Westminster Abbey London, mengikuti tradisi panjang sejak lebih dari 900 tahun. Istri raja, Permaisuri Camilla (75) juga akan dinobatkan.

6 Mei adalah ulang tahun keempat cucu Charles, Archie, putra Pangeran Harry dan istrinya Meghan.

“Penobatan akan mencerminkan peran raja hari ini dan melihat ke masa depan, sambil berakar pada tradisi dan arak-arakan yang sudah berlangsung lama,” kata pejabat kerajaan dalam sebuah pernyataan dikutip AFP, Selasa (11/10).

Konfirmasi tanggal ini datang setelah lebih dari sebulan kematian ibu Charles, Ratu Elizabeth II. Sebelumnya juga muncul spekulasi tentang kapan upacara itu akan diadakan.

Charles langsung menjadi raja ketika Elizabeth meninggal pada 8 September. Ia juga mengambil alih sebagai kepala negara dari 14 negara Persemakmuran, termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Sang ratu, yang berusia 96 tahun, meninggal di perkebunannya yang terpencil di Skotlandia, Balmoral, setelah satu tahun kesehatannya menurun. Dia berada di atas takhta untuk rekor 70 tahun.

Para pemimpin dunia menghadiri pemakaman kenegaraannya di Westminster Abbey sebelum dia dimakamkan setelah upacara di Kapel St George, Kastil Windsor.

Ratusan ribu orang turun ke jalan untuk menonton, dengan jumlah yang sama mengantre sepanjang waktu selama empat hari untuk memberikan penghormatan terakhir saat peti matinya dibaringkan.

Kerumunan serupa akan diharapkan untuk penobatan pertama sejak 1953 dan tampilan kemegahan dan arak-arakan yang dikoreografikan dengan cermat.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *