Kinerja Penjualan Eceran di RI Naik pada Juli 2022

Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) Bank Indonesia menyebut kinerja penjualan eceran pada Juli meningkat dibandingkan Juni 2022.

Mengutip laman resmi BI, Selasa (9/8), peningkatan ini dipicu oleh penjualan sub kelompok sandang, bahan bakar kendaraan bermotor, suku cadang, dan aksesori.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan peningkatan itu tercermin dari perkiraan Indeks Penjualan Riil (IPR) Juli 2022 sebesar 204,9, atau meningkat 8,7 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Secara bulanan, penjualan eceran diproyeksikan membaik menjadi minus 0,8 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-moth/mtm) akibat didorong oleh peningkatan penjualan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor serta kelompok barang budaya dan rekreasi.

Sementara pada periode Juni 2022, hasil SPE mengindikasikan kinerja penjualan eceran tumbuh meningkat secara tahunan, dengan IPR Juni 2022 tercatat sebesar 206,6, atau tumbuh 4,1 persen (yoy), meningkat dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 2,9 persen (yoy).

Erwin menuturkan peningkatan tersebut didorong oleh kenaikan penjualan di antaranya pada kelompok suku cadang dan aksesori, serta makanan, minuman dan tembakau.

Secara bulanan, penjualan eceran terkontraksi 11,8 persen (mtm) pada Juni 2022, terutama pada kelompok barang budaya dan rekreasi, peralatan informasi dan komunikasi serta makanan, minuman dan tembakau.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *