Harga Emas Dunia Tertekan Jelang Rilis Data Inflasi AS

Harga emas dunia tergelincir lagi pada akhir perdagangan Selasa waktu New York (Rabu pagi WIB), memperpanjang kerugian untuk hari kedua berturut-turut menjelang rilis data inflasi AS. Harga emas tertekan penguatan dolar AS ke level tertinggi baru dalam dua dekade, sehingga membuat logam kuning itu tidak begitu menarik bagi investor.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus di divisi Comex New York Exchange, jatuh USD6,90 atau 0,4 persen menjadi USD1.724,80 per ons. Emas tetap atau mendekati level terlemahnya dalam sembilan bulan.

Meskipun baru saja memulai perdagangan pekan ini, kontrak patokan emas comex sudah turun satu persen minggu ini. Itu memperpanjang penurunan empat minggu yang sebelumnya tidak terputus yang secara kumulatif menempatkan logam kuning turun USD150 datau 8,0 persen, sejak pekan yang berakhir 3 Juni. Tahun ini, emas turun enam persen.

Penurunan terbaru emas terjadi karena indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, mencapai level tertinggi baru di atas 108 sejak Oktober 2002.

“Harga emas bertahan dengan baik karena reli dolar mencapai penanda utama,” kata Analis Platform Perdagangan Online Oanda Ed Moya, dikutip dari Antara, Rabu, 13 Juli 2022.

“Emas pada akhirnya akan melihat beberapa aliran safe-haven tetapi itu tidak akan terjadi sampai puncak dolar yang kuat dibuat. Emas mencoba mempertahankan level USD1.700 dan kemungkinan akan diuji dengan laporan inflasi yang sangat panas besok,” jelas dia.

Laporan indeks harga konsumen (IHK) AS akan keluar pada Rabu waktu setempat. Para analis pasar berpendapat jika laporan memenuhi atau melebihi ekspektasi pasar, Federal Reserve dapat mempertahankan sikap agresif terhadap suku bunga yang lebih tinggi. Harga emas mungkin jatuh di bawah USD1.700 selama beberapa bulan mendatang.

Federasi Nasional Bisnis Independen melaporkan Indeks Optimisme Bisnis (Usaha) Kecil turun 3,6 poin pada Juni menjadi 89,5, level terendah sejak Januari 2013, memberikan sedikit dukungan terhadap emas.

Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman September turun 17,4 sen atau 0,91 persen, menjadi USD18,958 per ons. Platinum untuk pengiriman Oktober turun USD32,6 atau 3,79 persen menjadi USD828,10 per ons.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : tvOne

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *