Gempa Bumi Magnitudo 6,6 Guncang Pulau Paskah Dekat Chileai

Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 telah mengguncang wilayah Pulau Paskah di Samudra Pasifik dekat Chile, menurut laporan terbaru Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) pada Rabu, 13 Juli 2022.

EMSC juga mencatat kedalaman gempa mencapai 33 kilometer.

Kantor Darurat Nasional Chile (ONEMI) melaporkan bahwa gempa bumi ini tidak mengakibatkan kondisi yang dapat memicu gelombang tsunami.

“Tidak ada laporan kerusakan akibat gempa,” kata juru bicara ONEMI Nicolas Banda, dikutip dari laman The New Daily. Ia mengatakan kantor ONEMI di Valparaiso terus berkoordinasi dengan otoritas di Pulau Paskah.

Banda mengatakan episentrum gempa berlokasi sekitar 699 kilometer dari Pulau Paskah. Sejumlah infrastruktur di pulau tersebut tengah dibuat sedemikian rupa agar bisa cukup bertahan terhadap gempa.

Awal Juli lalu, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang lepas pantai Atacama, Chile. Menurut skala penghitungan Richter, gempa dengan magnitudo 6,0 ke atas masuk dalam kategori “kuat.”

Gempa kategori tersebut dapat memicu kerusakan sedang hingga parah di area-area dengan infrastruktur yang kualitasnya kurang memadai.

November di tahun yang sama, gempa bumi magnitudo 6,2 mengguncang wilayah Constitucion, Chile. Dua bulan sebelumnya, gempa magnitudo 6,4 melanda kawasan Ovalle.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *