Bank Sentral Tiongkok Pertahankan Tingkat Suku Bunga

The People’s Bank of China (PBoC) menggulirkan pinjaman kebijakan jangka menengah yang jatuh tempo sambil mempertahankan tingkat suku bunga untuk bulan keempat berturut-turut seperti yang diharapkan. Akan tetapi pelaku pasar masih mengharapkan langkah-langkah pelonggaran untuk menopang perekonomian.

Mengutip Channel News Asia, Rabu, 18 Mei 2022, bank sentral Tiongkok mempertahankan suku bunga pinjaman fasilitas jangka menengah (MLF) satu tahun senilai 100 miliar yuan untuk beberapa lembaga pada 2,85 persen, mengimbangi jumlah yang sama. Pinjaman tersebut jatuh tempo pada hari yang sama.

Meskipun tingkat MLF stabil, pasar masih mengharapkan beberapa pelonggaran moneter dan langkah-langkah stimulus untuk menahan ekonomi domestik yang melambat, yang telah dirugikan oleh penguncian covid-19. Data resmi terbaru juga menunjukkan produksi industri berkontraksi pada April dan meleset dari perkiraan pasar dengan selisih yang besar.

“Langkah likuiditas dirancang untuk menjaga likuiditas sistem perbankan cukup memadai,” kata PBoC dalam sebuah pernyataan daring.

Sebanyak 31 dari 39 pedagang dan analis, atau hampir 80 persen dari semua peserta dalam jajak pendapat, memperkirakan tidak ada perubahan pada tingkat MLF. Mereka mencatat bahwa pelemahan yuan dan kenaikan harga konsumen memberi bank sentral lebih sedikit ruang untuk pelonggaran kebijakan moneter.

Sedangkan yuan Tiongkok telah kehilangan lebih dari enam persen terhadap dolar dalam empat minggu terakhir, penurunan paling tajam dalam beberapa dekade. Penguatan dolar yang persisten dan lonjakan imbal hasil AS mungkin terus menekan mata uang Tiongkok.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Bisnis.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *