Link Daftar Mudik Motor Gratis

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) pada masa mudik Lebaran tahun ini.

Pendaftaran Motis dibuka mulai 20 April hingga 8 Mei 2022, baik secara online maupun offline. Pada angkutan Motis 2022 ini, DJKA menunjuk KAI Group melalui KAI Logistik untuk melayani angkutan Motis 2022 mulai 26 April hingga 09 Mei 2022.

Masyarakat yang ingin mendaftar Motis secara online dapat mengakses link bit.ly/motis2022. Sementara, pendaftaran luring dapat dilakukan dengan dapat langsung mengunjungi stasiun-stasiun yang telah ditunjuk dan melayani angkutan Motis 2022, selama kuota motor belum terpenuhi yaitu 928 unit per hari.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Balitbang Kemenhub, sebanyak 85 juta masyarakat diprediksi mudik tahun ini. Sebanyak 17 juta di antaranya bakal mengendarai sepeda motor.

“Tentu antusiasme masyarakat yang besar perlu kita antisipasi agar mudik dapat dilaksanakan dengan selamat, aman, dan menimbulkan rasa bahagia bagi pelakunya,” ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri melalui keterangan resmi, Kamis (21/4) kemarin.
Ads by

Ia menjelaskan program Motis ini diselenggarakan untuk mengurangi angka pemudik dengan menggunakan kendaraan roda dua. Pasalnya, pengendara motor akan menghadapi risiko keselamatan yang tinggi.

Guna menarik minat masyarakat agar beralih dari kendaraan roda dua dan memanfaatkan program Motis ini, akan dibuka juga untuk penumpang yang mudik dengan menggunakan bus/travel, selain bagi penumpang kereta api yang telah memiliki tiket.

Angkutan Motis ini melayani berbagai rute dengan perjalanan pulang pergi (PP) dan tersedia di dua jalur yaitu Lintas Utara dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Semarang Tawang.

Dua kereta api dengan rangkaian masing-masing delapan gerbong akan mengangkut motor pemudik setiap harinya. Kereta berjalan setiap hari selama periode arus mudik pada 26 hingga 30 April 2022 dan pada periode arus balik 5 hingga 9 Mei 2022.

Selama pengiriman, peserta juga dapat melakukan pelacakan secara mandiri melalui aplikasi KAI Access maupun website kalogistics.co.iddengan memasukkan nomor resi pengiriman.

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *