Konflik Rusia-Ukraina Belum Reda, Minyak Dunia Reli Tipis

Harga minyak mentah dunia naik tipis pada perdagangan Rabu (23/2) waktu AS. Harga minyak lebih tenang karena ketidakpastian konflik Rusia-Ukraina.

Minyak mentah berjangka Brent pengiriman April ditutup menetap di level US$96,84 per barel. Sedangkan, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) pengiriman April naik 19 sen menjadi US$92,1 per barel.

“Sebagian besar kepanikan eskalasi lebih lanjut dari konflik Rusia-Ukraina tampaknya telah berlalu untuk saat ini,” kata Analis Energi Commerzbank Research Carsten Fritsch.

Ia menilai pasar minyak yang lebih tenang ditopang oleh sanksi terhadap Rusia yang dijatuhkan oleh kelompok barat yang diproyeksikan tak akan menghambat pasokan energi.

Walau begitu, Fritsch memeringatkan bahwa ketenangan di pasar bisa jadi hanya untuk sementara saja karena masih dibayangi ketidakpastian yang tinggi.

“Ada risiko bahwa Rusia akan membalas sanksi dengan mengurangi pengiriman minyak atas kemauannya sendiri,” imbuhnya.

Selain situasi terakhir tersebut, pedagang juga masih menunggu data persediaan bahan bakar AS. Administrasi Informasi Energi bakal merilis laporan status minyak mingguan pada Kamis (24/2) waktu setempat karena libur Hari Presiden pada Senin lalu.

Analis yang disurvei S&P Global Platts memperkirakan persediaan minyak mentah AS turun sebesar 300 ribu barel untuk pekan yang berakhir 18 Februari lalu.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : LINE TODAY

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *