Dolar AS Mengekor Pelemahan Emas dan Minyak Dunia

Mata uang dolar AS mengikuti pelemahan harga emas dan minyak dunia pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu pagi WIB). Hal ini seiring dengan informasi mengenai ketegangan Rusia-Ukraina yang masih simpang siur.

Mengutip Antara, Rabu, 16 Februari 2022, indeks dolar AS terakhir turun 0,3 persen, sementara euro naik 0,5 persen terhadap dolar pada USD1,1358. Dolar AS naik 0,1 persen terhadap yen di 115,64 dan naik 0,1 persen terhadap franc Swiss di 0,9255.

Rubel Rusia menguat 1,80 persen versus greenback di USD75,32. Poundsterling hampir datar terhadap dolar di 1,3537 dolar. Di pasar mata uang kripto, bitcoin terangkat 3,6 persen.

Indeks dolar secara singkat memangkas beberapa kerugiannya di sore hari setelah Presiden Joe Biden mengatakan serangan Rusia ke Ukraina masih mungkin terjadi. Di sisi lain, Gedung Putih belum mengonfirmasi mundurnya beberapa pasukan Rusia dari perbatasan Ukraina.

Kekhawatiran atas kebuntuan ini mendorong kenaikan mata uang safe haven dolar, tetapi sebagian besar investor mengambil pandangan risk-on (pengambilan risiko).

Pelaku pasar juga akan tetap waspada terhadap komentar apa pun dari pejabat Federal Reserve AS tentang prospek kenaikan suku bunga.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *