PM Kanada Gunakan UU Darurat untuk Hadapi Pedemo Antivaksin

Perdana Menteri Justin Trudeau meminta tindakan darurat untuk pertama kalinya dalam sejarah Kanada. Penggunaan tindakan darurat dilakukan untuk menanggapi protes pengemudi truk anti-pemerintah yang sedang berlangsung.

Pada Senin, 14 Februari 2022 sore waktu setempat, Trudeau mengatakan dia menerapkan Undang-Undang Darurat, yang memungkinkan pemerintah federal untuk mengambil “tindakan sementara khusus” untuk jangka waktu 30 hari selama keadaan darurat nasional.

“Pemerintah federal telah meminta Undang-Undang Darurat untuk melengkapi kapasitas provinsi dan teritorial untuk mengatasi blokade dan pendudukan,” kata Trudeau, dikutip dari Al Jazeera, Selasa, 15 Februari 2022.

“Saya ingin menjadi sangat jelas, ruang lingkup tindakan ini akan dibatasi waktu, ditargetkan secara geografis, serta masuk akal dan proporsional dengan ancaman yang ingin mereka tangani. Undang-Undang Darurat akan digunakan untuk memperkuat dan mendukung lembaga penegak hukum di semua tingkatan di seluruh negeri,” lanjutnya.

Undang-undang Darurat mendefinisikan keadaan darurat nasional sebagai situasi yang sangat membahayakan nyawa, kesehatan, atau keselamatan orang Kanada dan memiliki proporsi atau sifat sedemikian rupa sehingga melebihi kapasitas atau wewenang provinsi untuk menanganinya.

UU Darurat juga mendefinisikan keadaan yang ‘mengancam’ secara serius kemampuan Pemerintah Kanada untuk memelihara kedaulatan, keamanan dan integritas wilayah Kanada.

Pengemudi truk antivaksin dan pendukung mereka berkumpul di ibu kota, Ottawa, akhir bulan lalu. Mereka menuntut Kanada mencabut perintah yang mengharuskan pengemudi truk divaksinasi sepenuhnya terhadap covid-19 untuk melintasi perbatasan darat dengan Amerika Serikat (AS).

Pedemo yang menyebut diri “Konvoi Kebebasan” – yang diorganisir oleh aktivis sayap kanan – terus menduduki kota itu, menuntut diakhirinya semua pembatasan virus korona di Kanada. Protes serupa lainnya bermunculan di penyeberangan perbatasan utama dan mengganggu rute perdagangan utama.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *