Sutradara Peraih Nominasi Oscar, Peter Bogdanovich, Meninggal Dunia

Peter Bogdanovich, sutradara dan penulis skenario peraih nominasi Oscar lewat The Last Picture Show dan Paper Moon, meninggal dunia pada Kamis (6/1/2022) waktu setempat ,di usia 82 tahun.

Peter Bogdanovich meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Creative Artists Agency kepada USA TODAY.

Selama lebih dari 50 tahun di panggung Hollywood, Peter terkenal usai menyutradarai serangkaian komedi dan drama favorit di akhir tahun 60-an dan 70-an, termasuk hit tahun 1972 yang berjudul What’s Up, Doc?.

Drama itu dibintangi oleh Barbra Streisand, Ryan O’Neal dan Madeline Kahn.

Peter Bogdanovich kemudian menjalani proyek dengan O’Neal pada tahun berikutnya di film Paper Moon, yang menampilkan putri O’Neal, Tatum O’Neal, yang pada usia 10 tahun memenangkan Oscar sebagai aktris pendukung terbaik.

Sampai saat ini, Peter Bogdanovich masih menjadi orang termuda dalam sejarah yang memenangkan Academy Award.

“Peter adalah surga dan bumiku. Sosok ayah. Seorang teman,” tulis Tatum O’Neal di akun Instagram miliknya ketika berita meninggalnya Peter mulai beredar, dilansir dari USA Today, Jumat (7/1/2021).

“Dari ‘Paper Moon’ hingga ‘Nickelodeon’, dia selalu membuatku merasa aman. Aku mencintaimu, Peter,” tulis Tatum O’Neal lagi.

Peter Bogdanovich dinominasikan sebagai sutradara terbaik dan skenario adaptasi Oscar untuk The Last Picture Show tahun 1971, sebuah drama dewasa yang berlatar di kota kecil Texas tahun 1950-an.

Film hitam-putih ini dibintangi oleh Timothy Bottoms, Jeff Bridges dan Ellen Burstyn dan meraih delapan nominasi Oscar, termasuk film terbaik.

Tak hanya itu, aktor dan aktrisnya juga meraih Oscar untuk pendukung terbaik (Ben Johnson) dan aktris pendukung (Cloris Leachman).

Pada tahun 1998, film tersebut ditambahkan ke National Film Registry of the Library of Congress karena signifikansi sejarah dan budayanya.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *