Lawan Omicron, AS Siapkan 500 Juta Alat Tes Covid-19 Gratis

Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan menyiapkan 500 juta alat rapid test covid-19 di rumah atau mandiri yang bisa dipesan warganya secara gratis mulai Januari 2022. Langkah ini diambil untuk melawan penyebaran varian Omicron yang membuat jumlah kasus menanjak.

Rencananya, Presiden AS Joe Biden bakal memaparkan inisiatif tersebut pada Selasa (21/12) waktu setempat.

Inisiatif itu termasuk menyiagakan 1.000 orang tenaga kesehatan militer untuk membantu rumah sakit yang kewalahan menerima pasien covid-19 di sejumlah daerah, serta menambah jumlah pusat tes covid-19.

“Kami juga menekankan, jika anda tidak divaksinasi, anda berisiko tinggi untuk sakit. Varian ini sangat menular dan kemungkinan orang yang belum divaksinasi untuk dirawat di rumah sakit 8 kali lipat dan kemungkinan untuk meninggal karena covid 14 kali lipat,” ujar pejabat senior Gedung Putih seperti dikutip dari Reuters, Rabu (22/12).

Sejak ditemukan pada bulan lalu, varian Omicron hingga kini menyumbang 73 persen kasus baru covid-19 di AS. Meski lebih cepat menular, belum diketahui pasti apakah dampak varian ini lebih parah dibandingkan Delta.

Lonjakan kasus membuat warga AS berbondong-bondong mengantre di pusat tes covid-19 sebelum merayakan Natal dan Tahun Baru.

Berdasarkan catatan Reuters, jumlah kasus covid-19 AS naik 19 persen dalam sepekan terakhir dan melonjak 72 persen sejak awal Desember.

Pada awal pekan ini, jumlah kasus baru mencapai 283 ribu, tertinggi harian sejak 3 September 2021. Kemudian, jumlah pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit meningkat 27 persen bulan ini.

Sejak awal pandemi, lebih dari 51 juta kasus tercatat di AS di mana 810 ribu di antaranya berujung pada kematian.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *