Bertemu Pertama Kali, AS-Rusia Sepakat Kerja Sama Walaupun Beda Pandangan

Para menteri luar negeri Amerika Serikat (AS) dan Rusia akhirnya bertemu untuk pertama kalinya. Menlu AS Antony Blinken dan Menlu Rusia Sergey Lavrov mengatakan walaupun kedua negara memiliki pandangan berbeda, namun, tetap menemukan cara bekerja sama untuk masalah kepentingan bersama.

“Bukan rahasia jika kita memiliki perbedaan, tapi dunia akan lebih aman jika kedua pemimpin negara bekerja sama menjadi pemimpin,” kata Blinken, dilansir dari Aljazeera, Kamis, 20 Mei 2021.

Sementara itu, Lavrov memuji pembicaraan tersebut sangat konstruktif dan berguna. Ia menambahkan, kedua belah pihak memahami perlunya memperbaiki hubungan.

“Percakapan itu tampak konstruktif bagi saya,” ucap Lavrov.

Blinken mengatakan Presiden Joe Biden menginginkan hubungan yang dapat diprediksi dan stabil dengan Rusia. Ia menambahkan kedua negara dapat bekerja sama dalam mengatasi pandemi virus korona (covid-19), memerangi perubahan iklim, program nuklir Iran dan Korea Utara, serta perang di Afghanistan.

“Kami pikir itu baik untuk rakyat kami (AS), rakyat Rusia, dan memang baik untuk dunia,” ucap Blinken.

Diskusi ini menandai pertemuan tingkat tinggi pertama antara kedua negara sejak Joe Biden menjadi presiden AS pada Januari lalu. Pertemuan tersebut terjadi selama satu jam 45 menit.

Pertemuan ini juga membahas mengenai rencana tatap muka Biden dan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Lavrov mengatakan para diplomatnya akan menyiapkan proposal untuk pertemuan kedua pemimpin tersebut.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *