Perkuat Prokes PON XX Papua, Gerai Masker dan Relawan Diterjunkan

Gelaran akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tinggal menghitung hari. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melakukan persiapan, mulai peningkatan disiplin protokol kesehatan (prokes) hingga memastikan setiap sarana dan prasana penunjang prokes terpenuhi.

Pemerintah Kota Jayapura mendukung penuh aksi kegiatan BNPB demi kelancaran event PON XX Papua.

“Kami selaku Pemerintah Kota, mendukung penuh kegiatan peningkatan disiplin protokol kesehatan dalam penyelenggaraan event PON XX di Papua,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru dalam Rapat Koordinasi di Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Senin (27/9/2021).

Penguatan prokes PON XX Papua, BNPB selaku Satgas Penanganan COVID-19 mengerahkan para relawan untuk memberikan masker kepada masyarakat. Upaya ini melalui kegiatan gerai masker dan mobil masker.

Pada Senin, 27 September 2021, masker yang sudah dibagikan sebanyak 18.000. Secara total, sejak 25-27 September 2021, total masker yang sudah dibagikan di Kota Jayapura sebanyak 37.000.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, ada beberapa venue (tempat pertandingan) yang banyak menarik minat penonton, seperti sepak bola. Merespons hal ini, BNPB telah mendirikan tenda oranye di titik Stadion Mandala Jayapura demi mengantisipasi kerumunan, terutama saat tim tuan rumah bertanding.

Sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam penerapan disiplin protokol kesehatan, diharapkan penyelenggaraan PON XX di Bumi Cendrawasih dapat berjalan dengan aman dan terhindar dari penularan virus Corona.

Kerahkan Relawan Distribusi Masker

Pengoperasian gerai masker juga dilakukan di Stadion Barnabas Yumeo, Sentani, Kabupaten Jayapura. Adanya gerai masker ini, diharapkan masyarakat mampu dan menyadari untuk menerapkan protokol kesehatan demi mencegah adanya lonjakan kasus COVID-19.

Supervisi Subsatgas Protokol Kesehatan PON XX Marsekal Muda Asep Chaerudin mengatakan, pendirian gerai masker ini bertujuan untuk mengendalikan penerapan protokol kesehatan di wilayah Kabupaten Jayapura, khususnya di venue pertandingan PON XX.

“Tugas kami adalah memberikan pemahaman lebih besar terkait protokol kesehatan di tempat-tempat yang terlibat dalam PON XX ini,” jelas Asep saat memantau kegiatan gerai masker di Stadion Barnabas Yumeo, Senin (27/9/2021).

“Kami melihat anstusias masyarakat sangat positif terhadap penyelenggaraan PON XX. Maka, kami dari Satgas Pusat mengimbau kepada pemerintah daerah, atlet, official, juga masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi COVID-19.”

Pembagian masker melibatkan 90 relawan yang tersebar di 5 titik pendistribusian Kabupaten Jayapura. Gerai masker di Kabupaten Jayapura ini dioperasikan mulai Senin (27/9/2021) hingga perhelatan PON XX berakhir pada Jumat (15/10/2021).

Relawan Diberi Pengetahuan Dirikan Tenda Gerai Masker

Salah satu yang menarik dalam peningkatan kapasitas jelang perhelatan PON XX di Kota Jayapura, Provinsi Papua, relawan diberi pengetahuan mendirikan tenda yang akan dijadikan gerai masker di beberapa tempat penyelenggaraan.

Hal ini disampaikan Supervisor Satgas Penanganan Prokes Imam Pramukarno sebelum melepas para relawan prokes ke lokasi tempat penyelenggaraan atau venue yang akan mendirikan gerai masker.

“Sebelumnya saya akan memberikan peningkatan kapasitas, agar gerai masker dapat segera dibangun dan bisa berjalan,” ujar Imam di Posko Subsatgas Kota Jayapura, Minggu (26/9/2021).

Para relawan prokes terlihat antusias mendapatkan peningkatan kapasitas ini. Mereka mengikuti fokus setiap arahan yang diberikan. Sebagian besar relawan prokes ini terdiri dari para mahasiswa, lembaga dan masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar Kota Jayapura.

Lokasi penempatan para relawan prokes di gerai masker juga memerhatikan jarak dari domisili masing-masing untuk mempermudah transportasi. Sebelumnya, mereka menerima pembekalan dengan materi berbeda, meliputi pendekatan kepada masyarakat saat pembagian masker dan penerapan disiplin prokes selama kegiatan PON XX Papua berlangsung.

Tidak hanya membagikan masker, mereka dilatih menyampaikan imbauan dengan baik dan sopan kepada masyarakat untuk menerapkan disiplin prokes serta menghindari kerumunan. Sebanyak 125 relawan prokes di Kota Jayapura telah mengikuti kegiatan ini.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *