China Alami Krisis Listrik, Sejumlah Pabrik Setop Produksi

China mengalami krisis listrik beberapa waktu belakangan ini. Itu membuat sebagian pabrik terpaksa menghentikan produksi. Beberapa pabrik yang berhenti produksi tersebut termasuk pemasok Apple dan Tesla.

Dilansir Reuters, sebagian toko di bagian timur laut China pun beroperasi menggunakan lilin. Tak hanya itu, mal pun tutup lebih awal.

Penjatahan listrik telah diterapkan selama jam sibuk di bagian timur laut China sejak pekan lalu. Penduduk kota termasuk Changchun mengatakan pemotongan terjadi lebih cepat dan berlangsung lebih lama.

State Grid Corp berjanji untuk memastikan pasokan listrik dasar dan menghindari pemadaman listrik.

Krisis listrik China disebabkan oleh pasokan batu bara yang ketat dan standar emisi yang semakin ketat. Aturan ini telah merugikan produksi industri di beberapa wilayah dan menyeret prospek pertumbuhan ekonomi negara itu.

Dampak pada rumah dan pengguna non-industri datang ketika suhu malam hari turun ke hampir beku di kota-kota paling utara China. Administrasi Energi Nasional (NEA) telah memberi tahu perusahaan batu bara dan gas alam untuk memastikan pasokan energi yang cukup untuk menjaga rumah tetap hangat selama musim dingin.

Provinsi Liaoning mengatakan pembangkit listrik telah menurun secara signifikan sejak Juli, dan kesenjangan pasokan melebar ke tingkat parah sejak pekan lalu. Kondisi ini memperluas pemadaman listrik dari perusahaan industri ke daerah perumahan minggu lalu.

Kota Huludao mengatakan kepada penduduk untuk tidak menggunakan elektronik dengan konsumsi energi tinggi seperti pemanas air dan oven microwave selama periode puncak. Penduduk kota Harbin di provinsi Heilongjiang mengatakan kepada Reuters bahwa banyak pusat perbelanjaan tutup lebih awal dari biasanya pada pukul 4 sore.

Tekanan krisis listrik China itu membuat pasar saham gelisah pada saat ekonomi terbesar kedua di dunia itu sudah menunjukkan tanda-tanda perlambatan. Ekonomi China bergulat dengan pembatasan pada sektor properti dan teknologi serta kekhawatiran seputar masa depan raksasa real estat China Evergrande yang kekurangan uang.

Kehilangan Produksi

Pasokan batubara yang ketat dan standar emisi yang semakin ketat telah mendorong kekurangan listrik di seluruh China.

China telah berjanji untuk mengurangi intensitas energi sekitar 3 persen pada 2021 untuk memenuhi tujuan iklimnya. Otoritas provinsi juga telah meningkatkan penegakan pembatasan emisi dalam beberapa bulan terakhir setelah hanya 10 dari 30 wilayah daratan berhasil mencapai tujuan energi mereka pada paruh pertama tahun ini.

Pemadaman listrik telah mempengaruhi produsen di pusat industri utama di pantai timur dan selatan selama berminggu-minggu. Beberapa pemasok utama Apple dan Tesla menghentikan produksi di beberapa pabrik.

Setidaknya 15 perusahaan China telah mengatakan dalam pengajuan pertukaran bahwa produksi telah terganggu oleh pembatasan listrik. Sementara lebih dari 30 perusahaan yang terdaftar di Taiwan dengan operasi China telah berhenti bekerja untuk mematuhi batas daya.

Analis Morgan Stanley mengungkap industri baja, aluminium dan semen juga terpukul keras oleh pembatasan produksi, dengan sekitar 7 persen dari kapasitas produksi aluminium ditangguhkan dan 29 persen dari produksi semen nasional terpengaruh. Mereka mengatakan kertas dan kaca bisa menjadi industri berikutnya yang menghadapi gangguan pasokan.

Produsen bahan kimia, pewarna, furnitur dan kedelai juga terkena dampaknya.

Pertumbuhan Ekonomi China Terkoreksi

Dampak dari kekurangan listrik telah mendorong beberapa analis untuk menurunkan prospek pertumbuhan 2021 mereka.

Nomura memangkas perkiraan pertumbuhan PDB kuartal ketiga dan keempat menjadi masing-masing 4,7 persen dan 3,0 persen, dari 5,1 persen dan 4,4 persen sebelumnya, dan perkiraan setahun penuh menjadi 7,7 persen dari 8,2 persen.

“Krisis pasokan listrik di ekonomi terbesar kedua di dunia dan produsen terbesar akan berdampak pada pasar global,” kata Analis Nomura.

Analis Morgan Stanley mengatakan pengurangan produksi, jika berkepanjangan, dapat menjatuhkan 1 poin persentase dari pertumbuhan PDB pada kuartal keempat.

Pekan lalu, produsen batubara utama di China bertemu untuk mencoba dan mengatasi kekurangan dan mengekang kenaikan harga.

China, konsumen energi terbesar di dunia dan sumber gas rumah kaca pemanasan iklim, mengatakan pihaknya bertujuan untuk membawa emisi karbon ke puncaknya pada 2030 dan menjadi nol pada 2060.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *