Data Ketenagakerjaan AS Mengecewakan, Harga Emas Dunia Terdongkrak Naik

Harga emas dunia kembali naik pada perdagangan akhir pekan lalu. Naik ke posisi tertinggi dalam 2,5 bulan terakhir.

Penyebabnya adalah data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) periode Agustus yang lebih lambat dari perkiraan mendorong harga emas.

Mengutip CNBC, Senin (6/9/2021) emas di pasar spot naik 1,2 persen ke harga 1,830.71 dolar AS per ounce setelah mencapai level tertinggi sejak pertengahan Juni di 1.833,80 dolar AS. Emas spot menuju kenaikan mingguan keempat berturut-turut. Sedangkan Emas berjangka AS naik 1,2 persen ke harga 1,833,7 dolar AS.

Pertumbuhan pekerjaan AS jauh di bawah ekspektasi pada Agustus di tengah lonjakan infeksi COVID-19. Indeks dolar tergelincir segera setelah laporan tersebut, memperkuat daya tarik emas bagi mereka yang memegang mata uang lainnya.

“Emas menerima dorongan sambutan dari laporan (pekerjaan) yang jauh lebih lemah,” kata analis Saxo Bank, Ole Hansen.

“Tetapi fakta bahwa emas telah gagal menembus di atas resistance di 1.835 dolar AS dapat menunjukkan beberapa skeptisisme tentang apakah ini berarti pertumbuhan puncak dan penurunan yang tertunda.” Tambahnya.

Chairman the Fed Jerome Powell mengatakan pekan lalu bahwa jika pertumbuhan pekerjaan berlanjut, The Fed dapat mulai memotong pembelian aset tahun ini, tetapi akan tetap berhati-hati dalam menaikkan suku bunga.

Beberapa investor memandang emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang lebih tinggi yang mungkin mengikuti langkah-langkah stimulus, sementara suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang memegang emas batangan yang tidak menghasilkan.

“Fokus pasar akan beralih ke pertemuan FOMC September mendatang. Kami terus melihat risiko kenaikan lebih lanjut untuk emas mengingat ekspektasi kami terhadap USD melemah dan imbal hasil riil tetap sangat negatif,” kata Suki Cooper, analis logam mulia di Standard Chartered Bank.

Harga logam berharga lainnya, Perak melonjak 3,4 persen menjadi 24,70 dolar AS per ounce. Sementara platinum naik 2,6 persen menjadi 1.024,41 dolar AS. Palladium naik 1,1 persen menjadi 2.425,70 dolar AS.

 

 

 

 

Sumber : suara.com
Gambar : Pikiran Rakyat

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *