Yakin Ekonomi Bakal Bangkit, Harga Minyak Naik!

Harga minyak dunia bergerak naik pada perdagangan pagi ini. Sepertinya optimisme di pasar terhadap prospek kebangkitan ekonomi dunia masih tinggi.

Pada Selasa (27/7/2021) pukul 08:10 WIB, harga minyak jenis brent berada di US$ 74,6/barel. Naik 0,13% dari hari sebelumnya.

Sedangkan yang jenis light sweet harganya US$ 71,94/barel. Bertambah 0,04%.

“Minat investor terhadap aset-aset berisiko kembali muncul. Harga minyak pun kembali stabil setelah beberapa waktu lalu sempat tertekan.

“Pemulihan ekonomi dunia pada kuartal II-2021 adalah hal yang nyata. Gelombang serangan virus corona tentu akan membawa risiko, tetapi mungkin tidak akan separah gelombang sebelumnya. Optimisme masih kuat, dan itu bukan tanpa alasan,” papar Craig Erlam, Senior Market Analyst OANDA, seperti dikutip dari Reuters.

Ambil contoh di Korea Selatan. Bank sentral Korea Selatan mengumumkan, pertumbuhan ekonomi Negeri Ginseng pada kuartal II-2021 mencapai 5,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Ini adalah yang pencapaian terbaik sejak 2010.

“Kami tetap optimistis dengan laju pemulihan ekonomi. Ekspor dan investasi akan menjadi pilar yang kuat. Implementasi stimulus fiskal akan menjadi bantalan dalam meredam dampak negatif dari pandemi virus corona,” sebut Lloyd Chan, Ekonom Oxford Economics, seperti dikutip dari Reuters.

Berdasarkan konsensus pasar yang dihimpun Reuters, rata-rata harga minyak jenis brent sepanjang 2021 akan sebesar US$ 69/barel. Sementara rata-rata harga light sweet tahun ini diperkirakan US$ 66/barel.

Harga rata-rata 2021 jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu. Sepanjang 2020, rata-rata harga brent adalah US$ 43,29/barel dan light sweet US$ 39,56/barel.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Ayobandung.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *