Joe Biden Pilih Janet Yellen Sebagai Menkeu AS

Presiden terpilih Joe Biden disebut memilih mantan Ketua Federal Reserve Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS).

Ini, ditulis CNBC Internasional, menjadi sebuah keputusan bersejarah yang dapat membuatnya menjadi wanita pertama yang memimpin departemen tersebut, sebagaimana dikutip dari sumber yang mengetahui masalah ini.

Yellen, 74, secara luas dipandang sebagai pilihan yang aman secara politik untuk peran Menkeu. Ia kemungkinan akan mendapatkan dukungan dari Senat Partai Republik sebagai seseorang yang mampu melakukan kompromi bipartisan.

Lulus dari Universitas Brown dan Yale, Yellen juga wanita pertama yang menjabat sebagai bos bank sentral AS, The Fed, di tahun 2014. Masa jabatan empat tahun di pucuk pimpinan The Fed, ditandai dengan pasar pekerjaan yang membaik dan suku bunga yang secara historis rendah.

“Janet Yellen adalah nama besar, dengan pengalaman signifikan yang disorot oleh waktunya di The Fed,” tulis Alli McCartney, Direktur Pelaksana di UBS, dikutip Selasa (24/11/2020).

“Saya tidak terkejut pasar bereaksi positif karena pilihan ini meyakinkan, terutama dengan tantangan yang terbentang di depan termasuk menghindari resesi ganda dan membuat orang kembali bekerja di tengah meningkatnya kasus virus,” ujarnya lagi merujuk Wall Street yang positif pada penutupan kemarin.

Yellen menolak berkomentar tentang cerita ini. Belum ada komentar dari tim transisi Biden terkait ini.

Sementara itu, Jen Psaki yang mengawasi tim nominasi Biden, mengatakan di Twitter bahwa Biden akan mengumumkan tim ekonomi minggu depan. “Awal minggu,” katanya di medos tersebut.

Sebelumnya Biden memang dijadwalkan mengumumkan nama kabinetnya Selasa ini. Sejumlah nama sudah beredar.

“Anda akan melihat pemilihan kabinet presiden terpilih yang pertama pada hari Selasa minggu ini,” tegas kepala staf Biden, Ron Klain, mengatakan kepada ABC, Minggu (22/11/2020).

Meski demikian, ia menolak mengatakan jabatan mana yang akan diumumkan terlebih dahulu. Klain hanya memberi isyarat bahwa Biden telah memutuskan untuk memilih posisi kunci Menteri Keuangan.

Sementara itu, ditulis Bloomberg, Biden akan menunjuk penasihat lamanya, Anthony Blinken sebagai menteri luar negeri (Menlu). Ini dipaparkan tiga sumber media tersebut.

Jake Sullivan, yang merupakan salah satu pembantu terdekat Hillary Clinton, kemungkinan akan ditunjuk sebagai penasihat keamanan nasional Biden. Namun keduanya, saat dikonfirmasi media itu, belum memberi tanggapan.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Kumparan

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *