Mata Uang Asia Kompak ‘Hajar’ Dolar AS, Rupiah Cuma Nonton

Mayoritas mata uang utama Asia menguat melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis kemarin (29/10/2020).

Rupiah lagi-lagi tidak ikut berlaga, sebab pasar keuangan dalam negeri masih libur hingga Jumat ini (30/10), dalam rangka perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh kemarin, dan Jumat ini adalah cuti bersama.

Melansir data Refinitiv, hingga pukul 15:16 WIB Kamis kemarin, yuan China memimpin penguatan melawan dolar AS sebesar 0,34%. Sedangkan yang melemah adalah yen Jepang dengan dolar Hong Kong.

Dolar AS sedang dalam mode defensif, sebab pada Kamis malam waktu Indonesia dirilis data produk domestik bruto (PDB) AS yang diprediksi tumbuh hingga 31,9%.

Artinya Negeri Paman Sam akan lepas dari resesi setelah 2 kuartal sebelumnya PDB berkontraksi 31,4% dan 5%.

Kemudian pekan depan akan ada pemilihan presiden (pilpres) AS pada 3 November waktu setempat, yang masih memberikan ketidakpastian di pasar.

Namun, pasar AS kali ini sedang “kritis” akibat lonjakan kasus virus corona (Covid-19) yang kembali terjadi di beberapa negara bagian.

Angka infeksi baru virus corona telah melampaui rekor dengan mencatatkan pertumbuhan rata-rata sebesar 71.832 dalam sepekan terakhir. Di sisi lain, mereka yang menginap di rumah sakit naik 5% di 36 negara bagian, menurut data Covid Tracking Project.

Kenaikan ini mendorong beberapa negara memberlakukan kembali karantina wilayah (lockdown). Illinois, misalnya, telah memerintahkan Chicago melarang makan di tempat di dalam restoran.

“Ketakpastian seputar pembatasan pergerakan terkait Covid-19 dan politik AS berarti kita seharusnya mengantisipasi volatilitas masih akan tinggi hingga akhir tahun,” tutur Mark Haefele, Kepala Investasi UBS, dalam laporan riset, yang dikutip CNBC International.

Sementara itu, rupiah seandainya berlaga pada Kamis kemarin, juga ada kemungkinan kembali melemah.

Hal ini terlihat dari pergerakan kurs rupiah di pasar non-deliverable forward (NDF) yang kembali melemah hingga sore kemarin dibandingkan dengan beberapa saat sebelum perdagangan kurs NDF Rabu.

NDF adalah instrumen yang memperdagangkan mata uang dalam jangka waktu tertentu dengan patokan kurs tertentu pula.

Sebelumnya pasar NDF belum ada di Indonesia, hanya tersedia di pusat-pusat keuangan internasional seperti Singapura, Hong Kong, New York, atau London.

Pasar NDF seringkali mempengaruhi psikologis pembentukan harga di pasar spot. Oleh karena itu, kurs di NDF tidak jarang diikuti oleh pasar spot.

Maklum saja rupiah melemah, dalam 2 hari terakhir, rupiah mampu menguat masing-masing 0,14% dan 0,07%.

Dengan pasar dalam negeri yang libur hingga Jumat ini, artinya rupiah sekali lagi sukses mencatat penguatan 5 pekan beruntun.

Reli yang cukup panjang tetapi tidak begitu terlihat sebab penguatan rupiah tipis-tipis saja. Total, selama 5 pekan tersebut rupiah membukukan penguatan 1,52%, dengan penguatan terbesar terjadi di pekan yang berakhir 9 Oktober, sebesar 1,05%.

Memang penguatannya tidak besar jika melihat reli yang cukup panjang. Tetapi bisa menunjukkan stabilitas rupiah yang bagus, untuk mengarungi pasar dengan “ombak” besar pekan depan.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : BeritaSatu.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *