Badai Isaias Terjang Pesisir Timur Florida

Badai Tropis Isaias menerjang sepanjang pesisir timur Florida dengan membawa angin kencang dan hujan deras pada Minggu 2 Agustus. Isaias, badai kesembilan yang diberi nama di tahun 2020, mengalami penurunan kekuatan dari badai ke badai tropis setelah menerjang Bahama.

Dikutip dari laman BBC, Senin 3 Agustus 2020, Gubernur Florida Ron DeSantis meminta semua warga untuk selalu waspada. Sebelum kedatangan Isaias, otoritas Florida telah menutup sejumlah pantai dan juga taman.

Isaias menerjang Florida saat otoritas Amerika Serikat tengah sibuk menangani pandemi virus korona (covid-19). Florida merupakan salah satu negara bagian AS yang terkena dampak terparah covid-19.

Hingga Minggu 2 Agustus, otoritas kesehatan Florida mencatat tambahan 7.104 kasus covid-19, yang menjadikan totalnya mencapai lebih dari 487 ribu. Angka tersebut berada di peringkat dua di bawah negara bagian California.

Saat Isaias datang, pesisir timur Florida dilanda hujan deras dan angin kencang. Isaias kini bergerak secara perlahan di sepanjang pesisir timur, dengan kecepatan putaran angin hingga 105 kilometer per jam.

Ribuan pemadaman listrik dilaporkan terjadi di Florida seiring kedatangan Isaias. Sebelumnya, DeSantis telah meminta warga Florida untuk mempersiapkan makanan, minuman, dan obat-obatan untuk sepekan ke depan.

Warga Florida yang berada di area terdampak badai diminta untuk selalu berada di dalam rumah, atau mengungsi jika mereka tinggal di tempat tinggal bergerak seperti rumah trailer.

Otoritas Florida menilai Isaias tidak akan menimbulkan kerusakan parah karena kekuatannya melemah. Satu hal yang menjadi kekhawatiran adalah, badai ini datang saat adanya pandemi covid-19.

Dalam beberapa hari ke depan, Isaias diperkirakan akan mencapai Georgia, South Carolina, dan North Carolina.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *