Menpora Pastikan Struktur INAFOC Tidak akan Didominasi Internal Kemenpora

Menteri Pemuda dan Olaraga, Zainudin Amali ditunjuk Presiden Joko Widodo jadi ketua Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC). Menpora menegaskan kepengurusan INAFOC akan diisi semua unsur yang kompeten.

Keputusan Menpora menjabat INAFOC ditentukan dalam sidang kabinet terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7). Walau demikian, kepengurusan lengkap panitia yang akan jadi penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 itu belum ditentukan.

“Bukan karena Menpora panitia jadi panitia isinya Kemenpora semua, tidak bisa. Kami akan melibatkan expert di bidangnya karena ini bukan pekerjaan main-main,” kata Zainudin Amali di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (1/7).

“Kami akan lihat siapa yang berkompeten untuk terlibat. Jadi tidak akan didominasi oleh unsur Kemenpora. Kami akan libatkan semua, dari TNI, Polri, dan berbagai bidang yang kami anggap penting untuk masuk ke dalam kepanitiaan.”

Dalam sidang kabinet terbatas dengan Presiden, sejumlah keputusan penting juga turut dibuat. Di antaranya adalah mempercepat renovasi stadion yang akan jadi venue Piala Dunia U-20 sambil menunggu keputusan resmi yang dikeluarkan oleh FIFA.

Menpora mengatakan seiring dengan itu, maka dia pun akan segera merampungkan kepengurusan INAFOC. Namun, kepengurusan ini akan dilengkapi dengan menunggu surat keputusan dari Presiden.

“Jadi, susunannya nanti kami akan bicarakan. Nanti akan rapat dalam satu dua hari ini untuk merampungkan surat keputusan melalui Kepres terlebih dulu,” Zainudin menambahkan.

“Nah, kalo Kepres sudah terbit baru saya akan melengkapi susunan kepanitian selanjutnya. Kalau belum ada Kepres belum berani (menentukan susunan kepanitian).”

Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 akan menggunakan dana APBN. Kepastian menggenai jumlah anggaran belum dapat dipastikan, tetapi menteri keuangan sudah menyanggupi akan menyiapkan anggaran yang akan dibutuhkan.

Piala Dunia U-20 2021 direncanakan berlangsung di Indonesia mulai 20 Mei-11 Juni 2021. Enam stadion bakal dipersiapkan untuk menggelar turnamen yang diselenggarakan dua tahunan tersebut.

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *