Gempa Bumi Magnitudo 6,5 Guncang Idaho

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 mengguncang wilayah utara Boise, Idaho, Amerika Serikat, pada Selasa 31 Maret malam waktu setempat. Warga sekitar Boise mengaku merasakan guncangan hebat.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS mencatat gempa magnitudo 6,5 itu terjadi pada pukul 18.00 waktu Idaho. Pusat gempa berlokasi sekitar 118 kilometer dari Meridian di dekat kota Stanley.

Dikutip dari New York Post, Rabu 1 April 2020, sejauh ini USGS belum menerima laporan apapun mengenai kemungkinan adanya korban jiwa atau lupa maupun kerusakan bangunan.

Menurut USGS, lebih dari dua juta orang dapat merasakan gempa di Idaho. Laporan warga yang merasakan guncangan datang dari wilayah jauh seperti Helena, Montana, dan juga Salt Lake City, Utah.

Marcus Smith seorang koordinatir unit kesehatan di rumah sakit St. Luke’s Wood River Medical Center, merasakan gempa saat menangani pasien virus korona (covid-19). Rumah sakit di Blaine County itu merupakan salah satu yang berada di garda terdepan dalam upaya Idaho menangani pandemi covid-19.

Idaho mencatat jumlah kasus covid-19 tertinggi di luar New York City dan beberapa kabupaten/kota di sekitarnya. “Terasa seperti ada gelombang yang bergerak di bawah tanah,” kata Smith.

Guncangan semakin meningkatkan kekhawatiran warga Idaho di tengah pandemi. Namun Smith menekankan bahwa situasi relatif aman, dan gempa tidak mengganggu upaya penanganan pasien covid-19.

Dr. Lucy Jones, seorang seismolog dari Caltech, mengatakan bahwa Idaho diguncang gempa berkekuatan di atas magnitudo 6 setiap 30 atau 40 tahun sekali.

Pada 1983, gempa magnitudo 7,0 di dekat Borah Peak telah menewaskan dua anak-anak dan juga merusak banyak properti di area sepanjang Challis dan Mackay.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tribunnews.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *