Dokumenter Ikon Marvel Stan Lee Bakal Tayang 2023

Marvel Entertainment mengumumkan dokumenter tentang Stan Lee bakal tayang di layanan streaming Disney+ pada 2023 mendatang. Pengumuman kabar itu bertepatan dengan peringatan ulang tahun sang legenda sekaligus ikon Marvel yang ke-100.

“100 tahun penuh mimpi. 100 tahun berkarya. 100 tahun Stan Lee. Stan Lee, dokumenter orisinal, tayang pada 2023 di @DisneyPlus,” tulis akun Twitter @Marvel dalam cuitan, Kamis (29/12).

Marvel juga mengunggah video pengumuman yang menampilkan berbagai cuplikan kemunculan Stan Lee sebagai kameo dalam film-film Marvel.

Beberapa di antaranya saat Lee berperan menjadi petugas keamanan di Captain America: The Winter Soldier (2014), kemudian menjadi sopir bus dalam Doctor Strange (2016), hingga menjadi seorang pejalan kaki yang mobilnya menyusut di Ant-Man and the Wasp (2018).

Cuplikan-cuplikan penghormatan untuk Stan Lee itu kemudian ditutup dengan ilustrasi sang legenda Marvel beserta pengumuman judul dan tahun rilis dokumenter tersebut.

Dilansir dari Variety, peringatan 100 tahun Stan Lee pada Rabu (28/12) lalu juga dilakukan oleh Genius Brands International. Perusahaan itu meluncurkan toko online baru dengan tiga koleksi eksklusif bermerek Stan Lee.

Stan Lee dikenal sebagai sosok legendaris yang menciptakan sejumlah karakter komik ikonis Marvel, seperti Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, X-Men, Iron Man, hingga Thor.

Lee mendedikasikan hidupnya dalam bisnis komik selama lebih dari tujuh dekade. Di usia 17 tahun, ia bergabung dengan Timely Publications untuk menulis naskah komik tentang pahlawan super dan cerita misteri.

Kiprah Stan Lee di dunia komik melambung di era 1960-an, seiring dengan komik Marvel yang dikenal luas hingga menjadi bagian penting dari budaya pop. Kala itu, ia bekerja sama dengan sederet seniman ternama, seperti Jack Kirby, Steve Ditko, John Romita Sr., dan Bill Everett.

Nama Stan Lee semakin menempel di benak publik ketika film-film Marvel Cinematic Universe (MCU) dikembangkan oleh Marvel Studios. Komikus itu kerap tampil di berbagai kameo dengan peran yang beragam.

Ikon komik Marvel itu meninggal dunia pada 12 November 2018 di usia 95 tahun. Stan Lee mengembuskan napas terakhir usai berjuang melawan penyakit pneumonia.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *