Podcast Raditya Dika Dikontrak Eksklusif Spotify

Gelora podcast di layanan streaming musik Spotify kian populer. Spotify untuk kali pertama menjalin kerjasama dengan Asia Tenggara dan menggandeng delapan podcast populer di Indonesia antara lain Podcast Raditya Dika (PORD), Do You See What I See, PODKESMAS, RAPOT, Menjadi Manusia, Podcast Bagi Horror, Box2Box Football Podcast, dan Podcast Suara Puan. Delapan Spotify Exclusive Podcast tersebut hanya tersedia di Spotify.

“Kemampuan bercerita yang menakjubkan sangat menentukan kesuksesan sebuah podcast. Mengingat, bukan hal mudah untuk menarik perhatian pendengar hanya dengan mengandalkan suara,” kata Gautam Talwar, Managing Director Spotify Southeast Asia.

Tren pengguna podcast dikatakan meningkat 10 kali lipat dalam setahun terakhir. Pertumbuhan ini pun didukung adanya Anchor, platform Spotify yang memberi kesempatan kepada siapapun untuk membuat dan mendistribusikan podcast berkualitas. Tertulis, 90 persen lebih podcast di Indonesia dibuat menggunakan Anchor, termasuk delapan Spotify Exclusive Podcast tersebut.

Komika Raditya Dika antusias kontrak eksklusif bersama Spotify. Menurutnya, podcast menjadi bagian perjalanan mengasyikkan ketika bertemu orang-orang baru.

“Setiap episode yang saya buat memungkinkan saya untuk bertemu orang-orang yang menginspirasi dari berbagai latar belakang, dan kemudian membagikan kisah mereka dengan para pendengar saya. Tentu saja, saya melakukan ini dengan gaya khas Raditya Dika, yaitu berbalut komedi,” kata Raditya Dika dalam keterangan tertulisnya.

Raditya Dika menggunakan anchor dalam membuat podcast. Ini memudahkannya untuk merekam dan mendistribusikan konten. Dia pun dapat mengetahui informasi terjadi pendengar podcast-nya.

Selain komedi, cerita horor dari Rizky Ardi Nugroho, kreator di balik Do You See What I See ikut menarik perhatian. Dia tak berekspektasi lebih konten ceritanya diminati.

“Saya percaya, cerita memiliki kekuatan untuk menggerakkan seseorang. Dan saya berharap, kisah saya dengan Spotify dapat mendorong kreator Indonesia lainnya untuk menyalurkan kreativitas mereka dan memulai podcast sendiri,” ungkap Rizky.

Dalam keterangan resmi, Spotify kini memliki 700 ribu lebih judul podcast. Secara global, waktu yang dihabiskan pengguna untuk mendengarkan podcast meningkat hingga 200 persen dari tahun ke tahun.

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : medcom.id

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *