Brasil Akan Pindahkan Kedutaan Israel ke Yerusalem pada 2020

Brasil berencana memindahkan kedutaan besar untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem pada 2020.

Rencana tersebut diutarakan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang mengklaim menerima janji tersebut dari anak Presiden Brasil Jail Bolsonaro, Eduardo saat berkunjung ke Israel pada Minggu (15/12).

“Mereka [Brasil’ berkomitmen untuk memindahkan kedutaan Brasil ke Yerusalem pada 2020,” kata Netanyahu melalui pernyataannya.

Sebagai jaminan akan janji tersebut, Brasil juga resmi membuka kantor perdagangan di Yerusalem pada Minggu pekan lalu.

Eduardo yang menjabat sebagai Ketua Komite Urusan Internasional dan Pertahanan Nasional Parlemen Brasil, menuturkan pembukaan kantor dagang untuk menunjukkan bahwa sang ayah ingin memenuhi janjinya di awal 2019 terkait pemindahaan kedubes Brasil ke Yerusalem.

“Dia [Jair Bolsonaro] mengatakan mengatakan kepada saya bahwa pasti dia akan memindahkan kedutaan ke Yerusalem, dia akan melakukan itu,” papar Eduardo dikutip AFP.

Jair Bolsonaro memang berjanji mengikuti langkah Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk memindahkan kedutaan besar negaranya untuk Israel ke Yerusalem pada Januari tahun ini.

Sejumlah pihak terutama pemangku bisnis khawatir bahwa pemindahan kedubes ini akan mempengaruhi kerja sama ekonomi Brasil dengan negara Arab terutama soal ekspor daging ke negara Timur Tengah.

Namun, Eduardo tak menanggapi kekhawatiran itu secara serius. Ia mengatakan jika ada penundaan pemindahan kedutaan itu dikarenakan pemerintahnya ingin mempersiapkan langkah tersebut secara menyeluruh.

“Kami ingin melakukan pemindahan ke Yerusalem tidak hanya untuk Braisl tetapi juga sebagai contoh bagi seluruh negara Amerika Latin,” papar Eduardo.

AS telah membuka kedutaannya untuk Israel di Yerusalem sejak Mei 2018 lalu. Sejak itu, sejumlah negara berencana mengikuti rencana kontroversial AS yang dinilai bisa merusak prospek perdamaian Israel-Palestina tersebut.

Guatemala juga telah memindahkan kedubes di Tel Aviv ke Yerusalem. Sementara Paraguay, Republik Ceko, Rumania, dan Honduras juga berencana melakukan hal serupa.

Sementara itu, Hungaria juga telah membuka kantor dagang untuk Israel di Yerusalem.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *