2020 Momentum Penting Kemitraan Strategis Indonesia-RRT

Tahun 2020 merupakan perayaan 70 tahun hubungan Indonesia-Republik Rakyat Tiongkok (RRT). “Perayaan ini dapat menjadi momentum penting dalam penguatan Kemitraaan Strategis Komprehensif RI-RRT,” ujar Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi.

Pernyataan disampaikan Menlu Retno dalam pertemuan dengan Menlu RRT, Wang Yi, di sela-sela Pertemuan Asia Europe Meeting Foreign Minister Meeting (ASEM FMM) ke-14 di Madrid, Spanyol, Senin 16 Desember.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa 17 Desember 2019, pertemuan ini merupakan kali ketiga antara Menlu RI dan RRT tahun ini. Hal ini menandakan intensitas kerja sama kedua negara yang begitu tinggi.

Dalam pertemuan, Menlu Wang Yi menyampaikan rencana berkunjung ke Indonesia pada awal 2020. Menlu RI menyambut baik rencana tersebut.

Selain itu, Indonesia dan RRT menegaskan arti penting dari integrasi ekonomi kawasan. Indonesia berharap agar integrasi ekonomi dapat menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan (win-win).

Menlu Retno juga mengapresiasi Pemerintah RRT atas proses pemulangan 20 WNI yang menjadi korban skema pengantin pesanan sejak September 2019. Ke depan, kerja sama penanganan perdagangan manusia perlu ditingkatkan kedua negara.

Di akhir pertemuan, Menlu Retno meminta informasi mengenai perkembangan situasi di Xinjiang. Menlu RRT menegaskan bahwa kebebasan beragama umat muslim di Xinjiang dijamin oleh negara.

RRT merupakan mitra dagang terbesar Indonesia, dengan total nilai perdagangan Indonesia–RRT pada 2018 mencapai USD72,6 miliar. Selain itu, RRT merupakan investor asing ketiga terbesar, dengan total nilai investasi pada 2018 mencapai angka USD2,3 miliar.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *