AS Terancam Semi Resesi, Investor Pindah ke Emas

Harga emas dunia di pasar spot bergerak menguat pagi ini. Risiko perekonomian global yang sedang tinggi membuat investor mencari selamat dengan memburu aset aman (safe haven) seperti emas.

Pada Jumat (4/10/2019) pukul 08:35 WIB, harga emas dunia berada di US$ 1.508,12/troy ons. Naik 0,22% dibandingkan hari sebelumnya.

Harga emas kembali naik setelah data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang mengecewakan. Institute for Supply Management (ISM) mencatat Purchasing Managers’ Index (PMI) jasa AS pada September berada di 52,6. Masih di atas 50, tetapi terendah sejak Agustus 2016.

Sektor jasa mewakili lebih dari dua pertiga ekonomi AS. Jika sektor ini melambat, maka perekonomian AS juga terancam kehilangan lajunya bahkan bukan tidak mungkin sampai terkontraksi alias tumbuh negatif.

Selain itu, Kementerian Ketenagakerjaan AS melaporkan bahwa klaim tunjangan pengangguran pada pekan yang berakhir 28 September naik 4.000 menjadi 219.000. Artinya, pasar tenaga kerja pun sudah mulai ‘batuk-batuk’.

Kemarin, ISM melaporkan PMI manufaktur AS mengalami kontraksi karena pada September nilainya adalah 47,8. Angka PMI di bawah 50 menunjukkan industriawan tidak melakukan ekspansi. Selain itu, skor 47,8 adalah yang terendah sejak Juni 2009. Oleh karena itu, sebagian pihak menyebut bahwa AS sudah bisa dibilang mengalami semi resesi.

Belum lagi ada risiko perang dagang AS vs Uni Eropa. Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memenangkan gugatan AS yang menyebut Uni Eropa memberikan subsidi kepada Airbus sehingga menimbulkan persaingan tidak sehat dengan perusahaan pembuat pesawat lainnya seperti Boeing. Sidang panel WTO menyatakan AS menderita kerugian sampai US$ 7,5 miliar per tahun.

Keputusan WTO ini menjadi pembenaran bagi rencana AS untuk menerapkan bea masuk terhadap importasi produk-produk dari Eropa. Washington mengusulkan pengenaan bea masuk bagi importasi hingga US$ 11 miliar.

Perekonomian global yang gonjang-ganjing ini membuat investor kurang nyaman bermain di instrumen berisiko. Lebih baik bermain aman dengan memegang safe haven assets seperti emas. Permintaan emas meningkat, harganya pun naik.

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Tamasia

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *