Paling Senior, Hafiz/Gloria Kejar Olimpiade di Swiss

Sebanyak 14 pebulutangkis nasional saat ini sudah berada di Basel, Swiss, untuk turun di Swiss Terbuka 2021. Meski tak diikuti sejumlah pemain top yang langsung terbang ke Birmingham di Inggris untuk All England, Swiss merupakan sarana untuk mencari angka ke Olimpiade Tokyo 2020 dan menambah jam terbang bagi pemain muda.

Pasangan ganda campuran, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, akan memasang target besar di turnamen yang bakal dihelat pada 2-7 Maret 2021 tersebut. Pasalnya, mereka menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang datang ke Swiss untuk mencari angka demi ke Olimpiade Tokyo.

“Tim yang berangkat ini berjumlah 22 orang, terdiri dari 14 atlet, tiga pelatih, dan lima tim pendukung. Kalau bicara target, yang pasti menambah poin olimpiade untuk Hafiz/Gloria,” kata Manajer Tim Indonesia, Eddy Prayitno, menjelang berangkat ke Swiss di Jakarta, Sabtu (27/2), sebagaimana dipetik dari rilis resmi PBSI.

“Selebihnya, kesempatan untuk beberapa pemain muda tampil di turnamen level atas.”

Hafiz/Gloria saat ini berada di posisi kedelapan ranking kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo. Untuk bisa tampil di pesta olahraga terbesar di dunia tersebut, Hafiz/Gloria harus bertahan di sepuluh besar karena di atas mereka sudah ada satu jatah untuk Indonesia melalui Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Sesuai regulasi, Indonesia harus mempertahankan Praveen/Melati dan Hafiz/Faizal di delapan besar untuk bisa mengirimkan dua wakil. Regulasi hanya memberikan dua wakil untuk satu negara jika negara bersangkutan bisa menempatkan atlet mereka di delapan besar.

Hafiz/Gloria jelas mesti bekerja keras karena selisih angka dengan dua wakil di posisi kesembilan dan kesepuluh cukup tipis. Berbanding wakil Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet, Hafiz/Gloria unggul 285 angka sementara dengan wakil Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith mereka unggul 2.033 angka.

Jumlah itu cukup sempit karena poin maksimal yang bisa diraih atlet untuk turnamen Swiss Terbuka yang merupakan BWF World Tour 300 adalah 7.000 angka. Namun di Swiss, pesaing terdekat mereka yang turut ambil bagian adal wakil Inggris, Ellis/Smith.

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *