Situasi di Gaza Sulit, Evakuasi WNI Terhambat

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan, upaya evakuasi WNI di Gaza setiap hari dilakukan. Namun, situasi di lapangan masih sangat sulit sehingga belum terlaksana.

“Upaya evakuasi WNI kita di Gaza setiap hari dilakukan. Namun karena situasi yang masih sangat sulit, maka evakuasi belum dapat dilakukan,” kata Retno dalam pernyataan pers virtual dari Jeddah, Arab Saudi, Rabu, 18 Oktober 2023.

Hampir setiap hari, kata Retno, ia melakukan komunikasi dengan wakil WNI di Gaza.

“Saya juga terus lakukan komunikasi dengan ICRC dan berbagai pihak yang dapat membantu dilakukannya evakuasi dengan selamat,” lanjutnya.

Komunikasi kembali dengan Presiden ICRC, imbuh dia, bahkn dilakukan lagi sebelum Retno tiba di Jeddah.

“Semua upaya akan kita lakukan untuk dapat melakukan evakuasi WNI dengan selamat,” tegasnya.

Terdapat 10 WNI di Jalur Gaza. Mereka terdiri dari tiga relawan di Rumah Sakit Indonesia di Gaza, dan sisanya keluarga yang menikah dengan warga Palestina.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemenlu RI Judha Nugraha mengatakan, pihaknya sudah memiliki tiga opsi evakuasi bagi para WNI. Sementara itu, tiga perwakilan RI, yakni KBRI Amman, KBRI Kairo dan KBRI Beirut telah disiagakan virtual dari Jeddah, Arab Saudi, Rabu, 18 Oktober 2023.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tribunnews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *