Hampir Drop Out, Karina Nadila Selesaikan Tesis Saat Hamil

Aktris Karina Nadila mengaku sempat hampir dikeluarkan dari kampus atau drop out (DO) karena terlalu lama menunda penyelesaian tesis untuk studi S2-nya.

Karina mengatakan, tesisnya memang sudah lama tertunda karena salah satu penyebabnya adalah Indonesia kala itu tengah dilanda pandemi Covid-19.

“Jadi sebenernya aku tuh udah masuk S2 tuh dari tahun ya pokoknya udah hampir di DO, karena tesis itu enggak kelar-kelar terus pandemi kan enggak ke kampus, jadi makin mager (malas gerak) ngerjainnya,” kata Karina di Cerita Rasa Nusantara, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2023).

Meski demikian, Karina akhirnya membulatkan tekat untuk menyelesaikan tesis ketika sedang hamil anak pertama dengan usia tujuh bulan. Karina menyelesaikan tesisnya untuk menjadi ibu yang membanggakan bagi anaknya ketika sudah lahir.

“Letter one she’s here saat hamil dia tau ibunya tuh adalah sosok yang terus mau belajar yang bisa dia ceritain ke temen-temannya, katanya ibu yang belajar pada saat hamil,” ujarnya.

Karina mengatakan, menyelesaikan tesis saat hamil bukannya tanpa kendala. Ia terkadang kesulitan untuk mengumulkan data dan melalukan wawancara narasumber.

“Tantangannya adalah bolak balik wwc narasumbernya, terus kaya ngumpulin data enggak bisa bohongkan secara hamilnya alhamdulillah aku hamilnya smooth enggak ada yang nyulitin anaknya (dalam kandungan),” ujarnya.

“Jadi bawaannya lancar aja dari awal enggak ada yang muntah-muntah,” ucap dia. Saat ini Karina sudah berhasil menyelesaikan tesisnya dan mendapat gelar Magister Manajemen dari PPM School of Management pada tahun 8 November 2022 lalu. Sementara Karina melahirkan anak pertamanya Rubishana Praya Prihartanto pada 7 Juli 2023.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *