Dibuka Hari Ini, Jokowi Siap Pimpin Jalannya KTT AIS Forum di Bali

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum digelar pagi ini, Rabu (11/10/2023), di Bali Nusa Dua Conference Center, Kabupaten Badung, Bali.

Mengutip siaran pers diterima, setelah melakukan foto bersama delegasi yang hadir, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan membuka KTT AIS Forum pada pukul 09.45 WITA dan menyampaikan pidato sambutannya.

“Tahun ini, KTT AIS Forum mengusung tema “Fostering Collaboration, Enabling Innovation, for our Ocean and Our Future”. Tema ini sesuai tujuan AIS Forum yang menjadi wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan untuk memperkuat kolaborasi,” tulis Tim Komunikasi AIS Forum dalam keterangan pers diterima, Rabu (11/10/2023).

Menurut negara-negara yang tergabung dalam AIS Forum, masalah global yang menjadi topik pembahasan dalam forum tahun ini berfokus pada isu kelautan. Nantinya, delegasi antar negara bakal menyampaikan pernyataan sikap negara atau organisasi masing-masing.

“Diharapkan, KTT AIS Forum menghasilkan Leaders’ Declaration of The Archipelagic and Island States Forum 2023,” tulis siaran pers.

Sebagai puncak acara, AIS Forum 2023 akan mendeklarasikan sebuah komitmen negara pulau dan kepulauan untuk bekerja sama mengatasi masalah-masalah bersama seperti perubahan iklim, pembangunan ekonomi biru, polusi laut, dan tata kelola laut demi mencapai kesejahteraan dan keberlanjutan demi generasi mendatang

Pada acara ini, terkonfirmasi hadir Presiden Micronesia, Perdana Menteri Niue, Perdana Menteri São Tomé and Príncipe, Perdana Menteri Timor-Leste, serta Perdana Menteri Tuvalu akan hadir dalam KTT pertama tersebut.

Kemudian, sesuai daftar undangan, KTT AIS Forum 2023 juga dihadiri oleh Deputi Perdana Menteri Fiji dan Tonga, serta para menteri dari Maladewa, Marshall Islands, Palau, Seychelles, Singapura, Solomon Islands, Sri Lanka, dan Papua Nugini.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : detikNews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *