Gempa Magnitudo 6,6 di Jepang Picu Tanah Longsor

Jepang sedang dilanda bencana beruntun. Sehari usai diterjang topan terkuat dalam 25 tahun, gempa berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang Pulau Hokkaido di utara. Data dari Badan Survei Geologi AS (USGS) mencatat getaran awal terjadi sekitar pukul 03.00 waktu setempat pada Kamis (6/9/2018) dini hari dan berlangsung selama 20 detik.

Pusat gempa berada di sekitar 27 kilometer timur Tomakomai, Hokkaido selatan pada kedalaman 33,4 kilometer. Badan Meteorologi Jepang menggelar konferensi pers dan menyebut adanya perubahan pada ketinggian permukaan air laut di wilayah pesisi, namun tidak berpotensi tsunami. Sementara peringatan justru diberikan untuk kawasan dekat tebing karena adanya risiko terjadi tanah longsor. “Ada risiko tanah longsor dan rumah-rumah ambruk. Dimohon untuk tidak mendekati kawasan yang dianggap berbahaya,” kata pejabat badan meteorologi Jepang.

Tak lama setelah peringatan tersebut dibuat, stasiun televisi NHK menyiarkan sebuah rekaman yang menunjukkan tanah longsor terjadi di kota Atsuma, Hokkaido. Stasiun televisi itu juga melaporkan adanya pemadaman listrik yang berdampak salah satunya layanan kereta api cepat Shinkansen di Hokkaido yang tidak beroperasi.

Sementara di Tokyo, pemerintah pusat mempersiapkan unit penghubung di pusat manajemen krisis di kantor Perdana Menteri untuk mengumpulkan informasi terkait gempa. Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga menyampaikan dalam konferensi pers bahwa PM Shinzo Abe telah menginstruksikan kepada para pejabat untuk memastikan tingkat kerusakan yang terjadi.

Selain itu juga menginstruksikan agar segera memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak bencana. Melansir dari Japan Times, gempa yang terjadi turut menyebabkan kerusakan pada jaringan telepon dan layanan penyiaran televisi di Sapporo. Selain itu sekitar 3 juta rumah kehilangan sumber daya listrik. Pemerintah Hokkaido mengatakan seorang pria berusia 82 tahun dilaporkan meninggal dunia akibat terjatuh dari tangga di kediamannya di Tomakomai. Sementara, petugas pemadam kebakaran di Atsuma mengatakan dua rumah telah dikonfirmasi ambruk.

 

 

 

 

Sumber Berita : kompas.com
Sumber foto : Liputan6.com

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *