Pengetatan Pasokan Jaga Harga Minyak Dunia

Harga minyak dunia alami kenaikan pada pembukaan perdagangan hari ini. Minyak dunia masih terbantu pengetatan pasokan serta data terkini lapangan pekerjaan di Amerika Serikat (AS).

Melansir Investing.com, Kamis, 5 Oktober 2023, harga minyak mentah acuan WTI naik 0,23 persen ke level USD84,4 per barel. Kemudian minyak mentah brent naik 0,03 persen menjadi USD86,07 per barel.

Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak dan mitranya (OPEC+) diharapkan akan menjaga kebijakan produksinya tidak berubah. Hal ini terjadi setelah anggota OPEC, Arab Saudi dan Rusia, memperpanjang pemangkasan produksinya hingga akhir tahun.

Dalam berita pasokan AS, data dari industri, menunjukkan stok minyak turun sekitar 4,2 juta barel untuk minggu yang berakhir pada 29 September. Delapan analis yang disurvei oleh Reuters mengantisipasi penurunan rata-rata cadangan minyak sekitar 500 ribu barel untuk pekan yang berakhir pada 29 September.

Data lapangan kerja

Data lowongan kerja AS menunjukkan pasar tenaga kerja yang mengendur bisa menyebabkan The Fed untuk menunda kenaikan suku bunga. Perusahaan pemrosesan penggajian ADP mengatakan pertumbuhan lapangan kerja hanya mencapai 89 ribu pada September, jauh di bawah perkiraan ekonom yang disurvei oleh Dow Jones sebesar 160 ribu.

Suku bunga yang lebih tinggi, bersama dengan dolar yang kuat, membuat minyak menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lain, yang berpotensi mengurangi permintaan minyak. Sehingga penundaan kenaikan suku bunga The Fed bisa menjadi katalis positif bagi harga minyak dunia.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Alinea.ID

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *